MENGATASI GATAL DI PERUT SAAT HAMIL

Berdasarkan pengalaman saya, saat memasuki usia kehamilan 16 minggu (4 bulan), saya mulai merasakan gatal di bagian perut dan dada. Gatal semakin terasa saat menjelang tidur. Ingin rasanya digaruk atau diberi salep atau apapun itu untuk menghilangkannya. Gatalnya lebih parah dibanding digigit nyamuk atau serangga. 


Gatal yang dialami saat hamil memanglah wajar, tetapi setidaknya kita harus tau penyebabnya dan pastinya cara mengatasinya supaya bisa menjalani kehamilan dengan nyaman. 

Penyebab Gatal
Sebagian besar ibu hamil mengalami peregangan kulit yang biasa dikenal dengan stretch mark. Perkembangan janin menyebabkan perut membesar, kulit meregang dengan cepat, semakin mengurangi kelembapan kulit sehingga membuat gatal dan tidak nyaman. Lebih seringnya dialami pada bumil yang masuk trimester tiga, tapi pengalaman saya pribadi, untuk kehamilan kembar, lebih cepat mengalaminya, karena peregangan kulit perut lebih cepat sehingga di trimester 2 sudah mulai mengalaminya. Kita akan sering mengalami gatal bahkan seperti rasa semut berjalan pada bagian perut, hingga kita baik sadar atau tidak menggaruk perut atau dada. Kita tau bahwa itu memperparah keadaan , tapi secara naluri, pasti kita ingin menggaruknya atau mengelusnya utk mengatasi gatal sementara. Karena tidak banyak bumil yang bisa menahan rasa gatalnya. 

Jadi jika dilihat tadi sebab utama karena kurangnya kelembapan kulit, berarti kita harus ngelakuin apa yang bisa membuat kulit tetap lembab. Dan ini yang sudah saya coba praktekkan, Alhamdulillah 3 hari kemudian gatalnya hilang 😃
1. Gunakan pakaian yang longgar, bahan katun dan menyerap keringat. Jadi tidak ada tekanan di kulit membuat lebih nyaman. Gunakan bra yang lebih longgar. 
2. Banyakin makan sayur, buah dan pastinya air putih. Kerasa banget lebih enak dengan banyak minum air putih, lebih dari 2 liter per hari. Kulit lebih lembab. 
3. Mandi dengan air dingin membuat gatal lebih berkurang. 
4. Jangan menggunakan lotion dengan parfum. Ini saya udah rasain sendiri, maksudnya ingin memberikan kelembapan di kulit perut, ternyata dengan menggunakan lotion beraroma parfum, membuat semakin gatal. 
5. Ini yang akhirnya paling ampuh setelah melakukan semua hal diatas tadi yakni mandi dengan menggunakan sabun pH rendah, yakni sabun bayi. Saya menggunakan Johnson's milk+rice 200 ml, mandi dengan air dingin. Badan kita setelah mandi dengan sabun ini terasa seperti berminyak, tapi itulah yang membuat kulit menjadi lembab. 
6. Dan selesai mandi, saya menggunakan baby lotion Zwistal, merata di bagian perut, bokong, paha, dan dada. Saya lakuin selama 3 hari,kerasa hasilnya. Gak gatal lagi. 

Sebelumnya saya hampir ingin membeli produk yang direkomendasikan di forum diskusi bumil, harganya lumayan untuk satu kemasan kecil 450rb an, tapi saya urungkan dan mencoba hal yang lebih hemat dan aman. Kepikiran bayi kan kulitnya sensitif banget, jadi saya coba aja pakai perawatan bayi, dan berhasil. 

Jadi Bumil bisa mengatasinya sedini mungkin. Dan lebih baik sebelum gatal atau sebelum timbul strecth mark, agar bisa diantisipasi. Setidaknya saat masuk trimester 2. Sehat selalu ya Bunda...