CARA MENGOVEN UBI CILEMBU ENAK

Alhamdulillah, dapat oleh oleh dari mb Bella, mamanya Bilal yang abis mudik dari Tegal. Jadi pagi hari ada babang ngojek nganterinnya dan segera mami twins cari tau gimana cara memasak ubi cilembu agar keluar madunya dan rasanya enak dan mirip dengan yang di Jawa. 2 kali masak ubi ubi ini, Papi selalu masak pake microwave, dan hasilnya ya biasa aja, kaya ubi ubi kayu biasa. Makanya kali ini jangan sampai keliru lagi. 

Setelah browsing sana sini, ketemu di youtube, ada mbak yang lagi beli ubi trus interview penjualnya dan penjualnya bilang kalo masaknya itu memang lama banet. Jika pake otamg, ubi ukuran kecil memakan waktu 1.5 jam paling cepat dan kalo yang gede sekitar 2.5 jam. Jadinya melihat itu, aku memilih untuk mencoba masak yang kecil dulu. Gimana caranya, ini dia ada di channel youtube ku :
Jadi cara mengovennya dengan oven listrik ternyata mudah sekali. Jadi menurut penjual ubi, ubi ini sudah dicuci jadi tinggal di Oven saja. Karena jika kita cuci lagi, kita harus mengeringkannya terlebih dahulu dna memakan waktu yang lama. 

Cara mengoven, ini dia : 
1. Pilih ubi cilembu ukuran kecil, kemudian tata di atas rak besi (jika menggunakan loyang, bungkus dulu dengan aluminium foil agar tidak lengket dengan loyang akibat dari tetesan caramel yang keluar dari ubi)
2. Oven dengan suhu antara 200-220c selama 80 menit atau sampai terlihat tetesan caramel yang keluar dari ubi serta aroma ubi cilembu yang khas sudah keluar. 
3. Jika ingin sampai gosong kulitnya (kalo aku suka ini), posisikan rak ubi dekat dengan elemen pemanasnya. Dan balik balik ubi hingga gosong sesuai selera. 
4. Ubi cilembu yang enak rasanya dan keluar madunya itu jika kulitnya udah kopong alias kulut dan ubi sudah terlepas dengan mudah dan ubi sobek dengan sendirinya. 

Nah, aroma harum dan khas sudah tercium dan saatnya makan. Gak pake waktu lama, ubi lezat ini ludes sama Mami, twins dan Ela. Dan malamnya disimpanin buat papi 3 buah dan Papi bilang, enak!!!
Alhamdulillah, akhirny berhasil. yeayyyy!!!
Selamat mencoba dan menikmati kelezatan ubi cilembu.