Instagram | Portofolio, Hiburan, Produktivitas, dan Branding | Day 1




Siapa yang gak kenal dengan App SosMed yang satu ini. Instagram, yup!! Ini aplikasi yang sangat digemari banyak kalangan usia. Mau tua muda sampai bayi dalam perut aja mungkin suka. Hahaha. App sosmed ini sebenarnya bagaikan pisau bermata dua. Bisa jadi kebaikan namun bisa menjadi keburukan. Lah...kok krburukan? Begini...jadi si apps ini jika kita tidak kasih TUJUAN jelas kita pake apps ini  dan WAKTU  untuk mengaksesnya, kuta akan terjebak dalam lingkaran yang mrbuat kuta kepenuhan informasi yang tanpa kita sadari, kita semakin asik di di danya dan dan sadar waktu habis sia sia karena awalnya mau cari tentang a, eh malah ngalor ngidul buka b,c, d,sampai z bahkan sampai stalking in yang gak perlu. Nah, parah kan? Karena apps ini seperti lautan yang kagak ada dasarnya, kita selami terus tapi jadinya hanyut kemana mana. 

So...bagus apa gak aplikasi ini? Bagus saya bilang karena sampai detik ini saya pale. Tapi kembali lagi agar ini menjadi bermanfaat dan bagus kita harus tekankan akan 2 Hal yakni TUJUAN kita pake dan batasan WAKTU yang kita perlukan saat mengakses atau posting. 

Jadi, ini dia manfaat sosmed Instagram ini bagi saya yang udah lama makenya berfungsi sebagai produktivitas, hiburan, portofolio serta branding.  Apa saja itu, check it out! 


Sebagai Portofolio itu adalah fungsi utama Instagram ini. Disini kita bisa ngepost apapun yang kita mau. Awalnya saya begitu, namun karena membangun Branding dan tema, jadinya saya membuat 3 akun instagram dengan masing masing fungsinya. Terlihat lebih bagus, rapi feednya, brandingnya dapet. Yang pertama akun dengan nama @fitrihantrini tentang visitv3 yakni kisah traveling saya selama ini dan open trip.  Kemudian setelah memiliki anak, saya memiliki kebutuhan posting portofolio anak, hobi saya dll dan saya gak mau campur adukkan di akun trip saya, makanya muncullah @pimitwins. Lalu berhubung pekerjaan saya di fotografi , saya harus memposting hasil karya saya selama mendapatkan job di fotografi @fitri.hantrini. nah, mengelola 3 akun ini sangat berat. Karena itu jika kita tidak membuat timeline, jadinya hanya satu akun aku yang sering terposting. Seperti sekarang ini, saya hanya bajyak posting di @pimitwins, soalnya saya masih belum aktif sepenuhnya kembali bekerja di open trip dan fotografi. 

Nah, ada fitur yang menarik di Instagram ini. Terutama kita yang bikin portofolio anak tapi gak mau ngepost ke banyak orang. Caranya...taraaa......kita ARCHIEVE alias kita arsipin. Ini ngebantu sekali saat saya mau rapi2 feed saya, tapi gak mau postingan sebelumbya hilang. Jari saya arsip kan. Fitur ini membuat postingan kita tetap ada di akun tapi tidak bisa terlihat oleh orang lain. Nah , jadi dari pengalaman saya, selama ini saya sebenarnya banyak sekali posting tentang kegiatan twins di Instagram, namun saya arsipin aja, supaya terhindar dari yang tidak di inginkan (you know lah hahaha seperti kita baperan karena komentar yang gak pas, dll). Aman kan, jadi mau liat foto2 dan video portofolio anak, tinggal buka aja arsipnya. 

Oh ya...menarik lagi dengan fitur story dan highlight nya. Dengan ini saya bisa bikin album khusus untuk story yang saya ingin publikasikan yang menurut saya bermanfaat atau karena asik aja kalo di share kan. Jadinya saya punya beberapa album story di @pimitwins dan di @fitrihantrini. Enaknya story ini kita bisa atur ulang mana yang mau kita masukin kr album, mana juga yang gak. Dan jumlah story yang bisa masuk ke album alias highlight itu kayanya gak terbatas deh. Dan menurutku, story memang enak diliat hehehe. 

Oh ya...satu lagi, fitur multiple foto dan video yang ada di feed ini ngebantu banget buat kita yang pengen sekali posting ada 10 foto ataupun video dalam satu feed. Kaya album sederhana gitu. Dan ini ngebantu sekali utk portofolio kita. 

Nah, itu dia mengenai instagram yang sudah saya rasakan manfaatnya selama ini. Fitur2 nya yang menarik, yang bisa kita manfaatkan dan maksimalkan. Namun kita harus bijak dalam bersosial media. Karena postinganmu adalah kepribadianmu. Jadi sebelum ngeposting, kita harus pertimbangkan dulu. Ada tips Penting dari Merry Riana. Ini yang beliau sampaikan. Sebelum posting, kita bisa mmepertimbangkan THINK
T : True
H : Helpful
I : Inspiring
N : Necessary
K : Kind


Be smart dan THINK before your post. 

#Day1
#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia