Tips Hemat Traveling dan Ecotravel ala Pimitwins


🌸🌸🌸🌸🌸🌸
Zero Waste dan Tips Hemat saat Solo Trip.
By *Fitri Hantrini | VisitV3*
Zero waste dan Hemat saat liburan. Ini memang gak mudah kalo bareng keluarga. Tapi kalo saat saya solo trip, hal tersebut bisa bisa saja. Apalagi misalkan saat ngebolang ke luar negeri. Ini perasaan utk minim sampah dan hemat itu pasti ada hehehe.
Karena saat ngetrip, saya memang minim bawa barang, cukup satu rolling bag (ransel yang pake roda dan bisa di gendong) dan 1 ransel kecil, jadi mau belanja males.
Dan saya wajib bawa peralatan mandi dari rumah dengan ukuran kecil dan bawa sesuai kebutuhan.
Trus wajib bawa botol minum sendiri. Jadi tinggal isi ulang aja kalo habis, bisa di tempat wisata, bisa di masjid , dll.
Saya juga bawa wadah makanan yang bisa gede dan bisa di tekan jadi kecil. Ini kebantu banget misalkan saat kita makan, terus makanan kita ternyata kebanyakan, jadi kita simpen aja di dalam wadah kita. Jadi hemat kan 😁
Oh ya, saya juga saat solo trip lebih memilih tinggal di hostel, banyak kelebihan hostel :
1. Bisa  berinteraksi dengan banyak orang
2. Udah include breakfast
3. Bisa numpang mandi meskipun udah check out
4. Lokasi nya dekat kemana aja.
5. Harga terjangkau
Kalo ada transportasi bus malam untuk pindah ke kota satu ke kota lainnya, kita bisa memilih alternatif ini, jadi kita gak perlu nginep di hostel/hotel, tapi kita inep ada di dalam bus. Hemat kan.
Kalo soal tiket pesawat itu relatif nurah mahalnya. Tapi yang terpenting itu, kita butuh usaha yang tinggi untuk browsing tiket yang murah 😁
Hm...apalagi ya? Masih banyak sepertinya. Tapi bisa kalo yang mau tanya2, kita bisa sharing, siapa tau saya punya penglaman dengan apa yang ditanyain. Silahkan 😊
🌸🌸🌸🌸🌸🌸
Oh ya gimana kalo ngetrip bareng keluarga? Zero waste nya?
Hampir sama ni dengan ngetrip solo, tapi urusan zero waste dan hematnya gak segampang solo trip. Ada beberapa poin yang udah kami lakukan yakni :
1. Sharing cost untuk meminimalkan penggunaan bahan bakar dan pastinya hemat. Jadi kami bisa ngajakin yang mau pergi bareng trus patungan dalam satu kendaraan. Ataupun kalo tidak kita menghitung mana yang yang lebih hemat, dan mudah antara bawa kendaraan sendiri atau kendaraan umum.
2. Camping,selain ngajakin anak liat alam, kita juga hemat dan pastinya seru. Tapi urusan camping ini harus kita pertimbangkan banyak hal apalagi kalo bareng balita (kaya twins kemaren), pertimbangannya, lokasi nya yang mudah aksesnya, air, keamanannya. Intinya harus sepadan sama urusan persiPan dan beberes campingnya.
3. Bawa bahan bahan yang akan dimasak dan udah disiapin dari rumah. Trus udah tentuin menu apa dan berapa banyak porsi yang akan dimasak dan dimakan. Selain memudahkan saat packing, juga kuta gak mubazir.
4. Siapin cemilan dari rumah dan bawa galon sendiri atau air dari rumah. (Tapi ini kalo saat camping kaga bisa bawa galon, tapi bawa dalam botol2).
Dan mungkin nanti ada tambahan, bisa kita sharing bareng pengalaman.
*VisitV3 | Young Educative Adventurous*
Ini dia ada artikel tentang zero waste travel kit :
https://www.thenomadicvegan.com/zero-waste-travel-tips/
🌸🌸🌸🌸🌸