Charity VS Filantropi | Pengikat Makna


https://www.youtube.com/watch?v=Sz1Ww2mzZX0

Ternyata setelah Kita melihat video tersebut, Indonesia dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia dengan 3 kriteria (jumlah donasi, menjadi sukarelawan, Dan membantu orang lain). 

Oleh karena itu, banyak sekali Kita menemukan lembaga sosial di Indonesia. Dan khususnya di Kubu Raya tempat dimana Saya tinggal, salah satu lembaga sosial yang menurut saya kegiatannyanya it termasuk Filantropi yakni di Panti Asuhan Baitul Hikmah. Sebelumnya, Saya pernah menceritakan tentang panti ini di blog Saya. 
http://fitrididik.blogspot.com/2019/09/panti-asuhan-baitul-hikmah.html?m=1

Terakhir Saya kesana, saat banjir melanda. MasyaAllah, lingkungan panti tetap bersih tanpa Ada sampah. Jadi seperti di blog Saya sebelumnya, Saya mewawancara langsung pengelola Panti Asuhan, Pak Ramli. Beliau memberikan anak anak pendidikan kemandirian, kedisiplinan  dan agama. Kemandirian beliau praktekkan dalam kehidupan sehari hari di Panti. Jadi setiap anak diberi ddiberi keterampilan bagaimana budidaya ikan Dan sayuran. Selain itu mereka juga berkebun Dan melaut mencari ikan. Jadi mereka untuk sayur Dan lauk sehari hari, sebagian besar hasil dari hidroponik Dan hasil budidaya ikan mereka. Bahkan, sayur hidroponik sudah masuk di supermarket Dan dipasarkan disana. Begitu pula ikan, di jual ke pasar ataupun ke pembeli ikan. 

Jadi biasanya MasyaAllah panti Asuhan identiknya dengan charity, tapi di Panti ini, Hal tersebut justru  dari Charity menjadi Filantropi, itulah yang Saya pelajari di Panti Asuhan Baitul Hikmah. Jadi sangat mungkin Dan menjadi panutan untuk Panti Panti Asuhan lainnya, terutama untuk Kita , bahwa Kita bisa berbagi bukan memberikan ikannya, tapi memberi kailnya. Dengan ilmu yang Kita punya, Kita berbagi, dan yang mendapatkan ilmunya dapat mencari kehidupan dari ilmu yang mereka telah praktekkan. 

#materi2 
#empati
#charity
#filantropi
#HabituasiSejutaCinta 
#SejutaCinta
#IbuProfesional
@sejutacintaibuprofesional

Rejeki itu Pasti, Kemuliaan yang dicari
Salam Sejuta Cinta.