pekan 3 Kelas Ulat Ulat | Menemukan Keluarga Baru

Assalamualaikum, alo apa kabar semua....
nah, sekarang udah masuk pekan ke tiga kelas ulat ulat, semakin seru pastinya , karena semakin banyak dongeng, bermain dan kejutan yang gak disangka sangka. 

Jadi kali ini setiap ulat mencari mana ulat yang sama makanannya. dan saya ulat yang sekarang berburu salah satu daun dari mind map saya, yakni daun Website. saya akhirnya bertemu keluarga ini dan menjadi keluarga dengan nomor urut 40. 
kisah namanya : 
WeBS aja gimana mbak? Web - Blog - SEO 
nulis W-B-S nya sengaja dibesarkan sebagai bentuk sub topik di keluarga ini.
dari arti kata sendiri WEBS berarti jaring... bahwasanya sebagai praktisi di dunia web & blog kita harus senantiasa berjejaring..


Keluarga ini hingga hari ini, berjumlah 20 orang. Dimulai dnegan berkenalan satu persatu, apa yang ingin dipelajari dan apa nama blog, website yang dimiliki. Setelah itu, kami menyampaikan apa aja yang ingin kami pelajari bersama. 
Untuk mempermudah, kita bisa perkenalan sekaligus ngelist kebutuhan kita masing2๐Ÿค—

1. Nama : herlya Inda
Kebutuhan mindmap : memahami seluk beluk SEO dalam blog
www.herlyaa.com
Utk jurnal bundacekatan : www.lyaabundacekatan.blogspot.com

2. Nama: Susi Ernawati 
Kebutuhan mindmap: bedah blog Cakrawala Susindra 
http://www.susindra.com

3. Fitri Hantrini, Kebutuhan : pengisian konten website di WordPress yang sesuai trend sekarang ( kebutuhan green traveler )
Yang mau diisi nanti www.borneoecotravel.com (belum di launch karena masih kosong)
Yang sudah dimiliki : 
www.visitv3.com, 
http://www.fitrididik.blogspot.com, www.v3photoworks.com
Dan 
Ini yang buat bisnis
https://visitv3trip.wixsite.com/visitv3

Portofolio foto
https://visitv3.wixsite.com/fitrihantrini#!travel/c1hd9

4. Sri Rahayu
Kebutuhan Mindmap : Ingin belajar tentang SEO untuk Blog
www.hayu0477.blogspot.com

5. Ririn Dwi Jayanti 
Kebutuhan : Belajar semua ttg SEO
Blog untuk IP : duniaayunindya.blogspot.com
Blog untuk (belajar) bisnis : bambuanyam.blogspot.com

6. Leila Rizki Niwanda
Kebutuhan: belajar SEO dan tetap menjaga kualitas tulisan
http://ceritaleila.com


7. Dian K
Kebutuhan : meningkatkan performa blog

8. Shanty Dewi Arifin
Kebutuhan: Bisa menulis blogpost dengan rutin.
Blog:
www.ceritashanty.com
www.blogbukushanty.com

9. Rahmah 
Kebutuhan: rajin nulis konten evergreen content basis SEO
Blog Utama: https://chemistrahmah.com

10. Nabila Cahya Haqi
Kebutuhan: belajar cara berpenghasilan cukup dari blog, dan mengumpulkan tulisan di blog untuk jadi buku solo pertama. 
Blog: www.nabilahaqi.com 

11. Marita Ningtyas
Kebutuhan: belajar tentang optimalisasi blog dengan SEO, menuju advance & professional blogger
Blog utama: www.maritaningtyas.com
Blog tentang tutorial blogging: www.yukngeblogmudah.blogspot.com
Blog tentang portfolio anak: www.jejakpengasuhan.blogspot.com

12. Andriyani
www.greatmomy.blogspot.com
Kebutuhan basic SEO dll

13. Khalida Fitri
www.coretankoi.com
Kebutuhan : rajin menulis di blog

14. Nugraheni Syakarna
http://henisyakarna.blogspot.com/?m=1
Kebutuhan : asyik ngeblog dan berpenghasilan lewat blog

15. Fera Marentika 
https://cicifera.com
Kebutuhan: Membuat konten netral dan menarik untuk review produk, makanan dan jasa.

16. Kamiliyah Basith
http://kantorremote.com, blog portfolio kerja remote. Masih tahap set-up. Kebutuhan: SEO writing.


17. Ira Silvera

* Kebutuhan mind map : membuat web toko online

* Agar bisa komitmen dan konsisten mengisi web atau blog dengan konten yang bermanfaat.

* Blog untuk jurnal bunda cekatan : www.irasilvera.wordpress.com

Ini adalah beragam topik dan subtopik yang akan kami bahas selama disini, dan mungkin akan bertambah : 
SEO
1. Pemahaman pengertian Search Engine Optimize dan tujuan
2. Jenis Optimasi :
- on page
- off page
3. Monetize
4. Konten SEO Friendly

BLOG dan Web
1. Tampilan
2. Template
3. Perbedaan blog dan web
4. Perlukah domain pribadi
5.  Hosting ?
6. Aturan penulisan 
7. Niche 
8. Segmen pembaca
9. Menambah follower
10. Biaya Blog berbayar

Awalnya saya merasa bingung, karena bahasannya udah tinggi, tapi senangnya banyak yang merespon dan menjelaskan, sehingga memicu saya untuk belajar dan mencari tau tentang beragam hal tersebut. ternyata itu toh....oh....ya..yaa....itulah komentar saya dan akhirnya membuat saya mantep, saya berada di keluarga ini. Banyak istilah baru, yang selam aini saya udah jalanin, tapi saya gak ngerti ada nama untuk hal atau istilah tersebut. 

ini beberapa hal yang saya bintangin di grup wa WeBS yang akan saya pelajari lebih dalam pekan ini:
1. Beberapa waktu yang lalu saya pernah belajar tentang SEO secara singkat, catatan saya ada di sini https://ceritaleila.com/2018/03/05/belajar-seo-sedikit-rumit-tapi-asyik/. 
2. Yang barangkali juga bisa digunakan sebagai sumber, sesi berbagi lain yang pernah saya ikuti tentang SEO: https://ceritaleila.com/2017/12/17/bekal-untuk-jadi-muslimah-cerdas-era-digital/
3. *DA PA anjlok drastis setelah pindahan ke TLD langsung ke WordPress-nya
4. https://www.humaneducationcentre.com/2020/01/belajar-seo-di-seo-moms.html
5. DA PA juga sebenarnya ga related langsung sama lama tidaknya diurus blog
Saya punya blog diisi sesekali DA PA nya statis. Lihat lagi dari kekuatan backlink-nya
6. Sepertinya kbnykn temen2 aku lbh ke mashab on page, kecuali yg lebih suka ikutan lomba ya kayakny๐Ÿ™„
7. Kalau lomba murni SEO biasanya ga perhatikan konten. Tapi main backlink semua ๐Ÿ˜…
8. Cita-citanya sih dengan SEO yang mantap, semoga makin banyak yang bisa terbantu dengan informasi yang saya tuliskan. Habisnya gemes hoax banyak bertebaran, atau ada juga penulisan pengalaman yang tidak diimbangi dengan pemuatan informasi tata laksana dasar seharusnya bagaimana, yang khawatirnya menjerumuskan pembaca. Makanya daripada saya gemes doang, akhirnya saya nulis. Perkara beneran diambil sebagai bahan pertimbangan atau tidak, ya minimal udah ada informasi yang lebih lengkap dulu, deh, sebelum memutuskan. Trus, saya suka masukin tautan sumber (misalnya jurnal), sebagai bentuk pertanggungjawaban juga, dan biar yang tertarik bisa baca sendiri lebih jauh. Tapi katanya kebanyakan link ke luar bisa bikin orang enggak betah, ya ๐Ÿ˜…, di tempat kita, pada keburu pindah baca isi tautannya maksudnya, walaupun katanya juga kalau tautannya berkualitas, misalnya dari situs tepercaya, gpp. Ini masih bingung, sih, tapi kayaknya saya akan tetap pada prinsip masukin rujukan karena kan biar jelas juga saya bukan ngarang isinya ๐Ÿ™ˆ tapi ngutip dari sumber yang valid.
9. Kalau rujukan, bisa disimpan di bagian referensi. Tak perlu ditautkan ke link asalnya. Cukup diinfo nama situs atau sumbernya
Link keluar kudu seimbang sama link masuk dan sebisa mungkin ga disimpan di awal supaya robotnya search engine itu ada waktu untuk crawling tulisan kita utuh baru diarahkan keluar
10. Mungkin bisa ditambah kalau mau nyari keyword bisa pakai ubersuggest
11. Paham, Mbak. Cuma, saya pribadi merasa masih lebih mantap kalau tautan aslinya, karena bisa langsung lihat situsnya betulan mencantumkan seperti itu, bukan saya yang ngarang. Sekaligus biar pembaca juga bisa belajar langsung di sana. Bahkan, siapa tahu saya salah menerjemahkan atau salah menangkap, justru agar bisa dikoreksi. Kalau begini, jadinya memang bertentangan dengan SEO, ya, Mbak?
13. Kalau tidak disimpan di awal, memang tidak. Di awal, biasanya saya menyebut nama situsnya saja tanpa tautan. Daftar rujukan ada di bagian akhir, seperti daftar pustaka.
14. Kadang, saya juga menemukan tulisan lain yang bertentangan dengan tulisan saya, dan untuk meyakinkan diri, saya merasa perlu mengunjungi ulang jurnal yang pernah saya kutip misalnya, sekadar memastikan saya tidak salah kutip. Dengan memberikan tautan pada bagian akhir, saya jadi lebih mudah mengunjunginya kembali.
15. Buat link keluarnya nofollow jika tetap merasa harus masuk. 1 link keluar berarti memasang 1-2 link dari blog sendiri
16. Padahal link keluar biasanya minimal dua ๐Ÿ˜‚. Kalau lima link nofollow keluar, minimal juga harus ada lima link internal, ya, Mbak?
17. Kenapa 5 link keluar? Harus? Itu bikin DA jatuh. 
Kalau ada link yg menyumbang spamscore, DR akan jelek juga.
Mendingan 1 tapi yang berkualitas
18. Yaa salah satu yang bikin pertorma blog juga kurang bagus karena link keluar itu juga kalau terlalu banyak, blog kita belum sempat dicrawling sempurna, robotnya search engine sudah keluar menelusuri link link keluar tadi
19. Ngbrolin backlink sebagai salah satu peningkatan SEO,aku ketemu link ini https://shemeansblogging.com/get-quality-backlinks-blog-free/
20. Jangan hanya iyain permintaan sponsor Mbak. 2 itu sudah kebanyakan. Apalagi kalau mau dofollow selamanya. Beraaaat.
21. Kalo tentang seo, mungkin bisa dilist dulu tahapan waktu bikin konten..
Misalnya cari keywords dulu..
Ganti alt text, dst..
22. Jadi kita bikin to do list untuk bikin konten yang baik dulu
Terus, to do list untuk seo
23. Mungkin yang paling mudah itu nulis itu biar kelihatan serius 1000 kata,minimal 500 lah.. dan ga plagiat.
Gunakan gaya bahasa sendiri.  Aku yakin ada segmen pembaca masing-ma
24. Bisa pakai Ubbersuggest dan kalau bisa main long tail keyword dulu karena kalau short tail keywords bakalan ketelan sama web web besar
25. Iya, SEO itu kita berusaha jadikan tulisan kita ada di page 1-10 tapi sebaiknya 1-5 karena orang akan malas ke page 6 apalagi ke 10
26. SEO
Kalau dari sisi konten...
Berarti at least Ada keyword.. kebetulan aku Juga nyambi jadi content writer. Udah banyak klien yang nggak minta Petualangan keyword Kaya awal2 tahun 2012 nyebur di dunia konten. 
Kalau dulu Kan keyword kudu diulang di awal, Tengah & akhir.. sekarang mAh enggak..
Pokoknya keyword jadi tema tulisan Aja.. lalu harus terlihat natural
27. Algoritma sekarang itu konten yang bener bener ada isinya, makanya paling sedikit 1000kata. Alasannya supaya crawling makin lama dan orang betah buka lama page kita gitu. Itu membangun trust kepada user
28. Waktu ikut acara Google for publisher tahun lalu.. dari Googlenya pun menyampaikan bahwa... Sekarang keyword diulang2 sudah nggak relevant. Terlalu banyak diulang bisa jadi dianggap spam Juga. 
https://www.maritaningtyas.com/2019/07/3-oleh-oleh-dari-google-for-publisher-semarang-2019.html
Mungkin kalau mau baca lengkapnya...
Terimakasih Keluarga Baruku.  
29. Jadi inget omongan temen yg awalnya yg penting nulis, dalam 1 tahun ini rajin nulis.
Aku nanya ke dia, "gimana  caranya naikin da pa?" Cuman itu pertanyaan aku.  Kata beliau, "habis nanya da pa, nanya SEO, trus tampilan, trus iklan, trus tawaran job, trus banyak lagi"
La aku jawab, nah itu๐Ÿคญ
Kata dia, udahh kebanyakan mikir, sok sana nulis ketemu ritme, ketemu cara bertutur, ketemu selanya sendiri.
Lgsung bengong lg akunya๐Ÿ™ˆ
30. Justru enak kalau wp menurutku. Wp yang self hosted lo ya. Karena banyak plugin2 SEO yang bisa diinstal dan setiap kali mau publish bisa ceki2 dulu berapa nilai SEO nya artikel tersebut.
31. Jadi WordPress itu Ada 2...
WordPress.com --- ini platform wp yang instan.. Kaya blogspot gitu.. tinggal next2 blog udah jadi. 
Kekurangannya template terbatas.. nggak bisa dikasih plugin apa2
Kalau mau dibuat dot com, tinggal pilih plans yang tersedia di sana. Hosting Juga udah diurusin wp.com kayanya kalau yang ini.. aku kurang tahu kalau plans2 di wp.com.
Ada yang WordPress.org --- biasa digunakan Profesional web owner.. Namanya Juga Profesional.. template banyak Tersedia.. plugin apa Aja Ada.. 
Caranya bikin memang lebih ribet. Karena Kita harus sewa hosting sendiri, nggak hanya beli domain Aja. Tapi asyik sih. 
Kemarin pengalaman pertama bikin web IIP pakai wordpress self hosted tanpa dibantu sama sekali jadi nagih..
32. Seo itu lebih ke bagaimana tulisan kita direkomendasikan oleh Google Search saat ada yang tanya.
Jadi, seperti kita membuat seseorang mengingat kita dengan segala keunikan kita


jadi....kebayang kan serunya kita menemukan keluarga baru kita yang sama "makanannya". 
Terimakasih Keluarga Baruku :)

#janganlupabahagia
#jurnalminggu3
#materi3
#kelasulat
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional