Pengikat Makna | Women Empowerment for Social Sustainability

1. Apa yang sudah dan akan kamu lakukan untuk mengubah pola kehidupanmu terkait social Sustainabilty?
Yang sudah Saya Dan suami Saya lakukan yakni:
1. Saya lagi membangun social Enterprise di bidang community based Ecotourism Dan Alhamdulillah Saya mendapatkan kesempatan mentoring dari Think. web Dan BOM
https://www.bom.org.uk/2019/12/04/10-inspirational-women-supporting-creative-social-enterprise-in-indonesia/

2. kami banyak menanam tanaman baik dari beragam Jenis buah, sayur, tanaman hias, tanaman obat Dan lain sebagainya di pekarangan rumah kami. 
Bisa dilihat di highlight HOME
3. Selain itu, kami melakukan pengolahan air sungai agar kami bisa mendapatkan air bersih. 

4. Kami juga melakukan penanaman tanaman di pinggiran sungai agar tidak mudah longsor tanahnya, seperti menanam mangga, jambu, pisang, jeruk, pepaya. Dan Alhamdulillah hasil buahnya selain kami konsumsi juga kami bisa jual sehingga mendapat penghasilan tambahan bagi keluarga. Apalagi buah Lokal Sehat Dan Aman dari pestisida. 

5. Saya sejak 3 bulan ini mulai bersepeda jika ingin membeli kebutuhan sehari hari atau jika Ada keperluan (diri sendiri) Dan masih bisa dibawa dengan tas ransel, jika jaraknya masih kisaran 3-5 km dari rumah dengan bersepeda. Seperti Saya mengantar sayur hidroponik ke pelanggan dengan bersepeda. 

Yang akan kami lakukan Dan sedang dalam proses adalah : 
1. Kami melakukan penanaman sayur secara hidroponik, yang akan kami konsumsi sendiri Dan jug akan kami jual untuk menambah penghasilan. 
2. Kami dalam proses pengembangan tanaman anggur Dan jika kami sudah menemukan varietas yang tepat, kami akan mengembangkan di pekarangan kami, Dan jika perkembangannya baik, kami akan berbagi cara menanam anggur serta bibit ke warga sekitar yang juga ingin menanam anggur sehingga suatu saat kami punya bisa impian, bisa tercipta RT anggur. 
3. Sekarang kami dalam tahap pembuatan Ecolodge yang Mana selain berfungsi sebagai homestay, jug akan berfungsi sebagai tempat untuk para ibu ibu yang ingin berolahraga bersama (yoga, workout, dll) dengan model open space Dan menyatu dengan Alam. Selain itu open space Ecolodge ini juga a. Difungsikan sebagai tempat untuk mini workshop until beragam keterampilan. 
4. Dan sekarang kami lagi mengembangkan Borneo Ecotravel yakni trip yang mendasari dari community based Ecotourism, sebuah trip ekowisata memberdayakan masyarakat, menggali potensi lokal, baik Alam, Kuliner, kearifan Lokal serta Produk hasil kerajinan tangannya Dan pangan, sehingga bisa meningjatkan perekonomian Dan keterampilan suatu komunitas khususnya di Desa di Kubu Raya. Dan project kami tahun ini di Tempat tinggal Saya serta di Desa Sui Kupah Dan Jeruju Besar, Kec. Sui Kakap. Nah, dalam paket paket wisata itu, kami eco friendly Dan zero waste karena kami tidak menggunakan produk sekali pakai. Meminimalisir penggunaan kendaraan dan bahan bakar, sehingga hemat energi Dan mendukung keberlanjutan (sustainable). 

2. Identifikasi perilaku sosial masyarakat di daerah tempat tinggal mu, dengan acuan seperti yang 
disebut dalam poin 1 di materi.
Nah, masalah sampah plastik ini adalah masalah yang paling besar. Meskipun sudah Ada tempat pengepul sampah. namun tetap saja  banyak yang membuang sampah di sungai, atau di sekitar rumahnya. 

Kemudian , limbah tempurung kelapa serta sabut kelapa yang belum dimanfaatkan. 

3. Apa yang bisa kamu lakukan untuk mengubah perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik?
Untuk sampah, kami akan memulai dengan rumah kami sendiri. Melalui Ecolodge, rumah kami terbebas dari sampah, Dan banyak tanaman dan kami membuat pekarangan yang asri Dan rapi, sehingga orang bisa berwisata ke tempat kami. Nah, Hal tersebut akan menjadi bahan edukasi kami, sehingga orang ikut serta karena mereka butuh Dan melihat contoh. Dan akhirnya tercipta kampung asri , kampung wisata bebas dari sampah Dan banyak tanaman sayur Dan buah. 

Untuk limbah tempurung Dan sabut, ini akan jadi project selanjutnya karena Desember 2019 lalu kami sudah mempelajari bagaimana mengolah limbah tempurung kelapa menjadi Produk yang berguna, selain yang selama ini hanya dibakar Dan dijadikan arang briket. Namun ini akan dilakukan setelah project Ecolodge kami selesai. 

#materi3
#empathy
#charity
#filantropi
#sustainability
#kelashabituasisejutacinta
#ibuprofesional
@sejutacintaibuprofesional