Langsung ke konten utama

SPOTTING (FLEK DARAH) VS BLEEDING

Hai para Bunda, pasti gak asing lagi dengan istilah spotting atau sering disebut ngeflek terutama saat hamil. Sering denger tapi pengen tau apa sih sebenarnya ngeflek? Dan apa bedanya dengan perdarahan. Jadi untuk itu Bidan V3 mau jelasin tentang kedua hal ini.

Spotting ( Ngeflek)
Spotting (flek) biasa terjadi pada ibu hamil. Sekitar 20% ibu hamil mengalami ngeflek (spotting) ini dalam trimester 1(12minggu pertama kehamilan). Darah yang keluar lebih sedikit daripada saat menstruasi. Sifat darahnya Lebih mirip seperti kita mau datang atau mau selesai haid. Dan warnanya darahnya bervariasi dari merah hingga kecoklatan. 

Pasti ibu hamil yang gak paham, bakalan panik. Tenang aja bunda, jika darah jumlahnya sedikit trus hilang serta tidak menimbulkan rasa kram. Itu merupakan pertanda bahwa kehamilan bunda dan bayi sehat. 
Kenapa sehat? Jadi begini, Bunda....
Spotting ini disebabkan karena implantasi embrio di dinding rahim. Jadi  pada saat tertanam, ada dinding rahim yang terlepas dan luruh sehingga keluar menjadi bercak darah. Spotting bisa terjadi 1 kali, 1 hari, atau beberapa hari. Hanya beberapa tetes yang kita temukan di celana.  Dan kebanyakan bunda tidak menyadarinya sebagai tanda kehamilan, karena spotting itu terjadi biasanya sebelum jadwal mens bunda. Sehingga banyak yang mengira itu hanya tanda mau mens. 

Nah, jadi ngeflek yang mana kalo kita khawatirkan. Flek atau spotting yang berlangsung sering atau terus menerus, hilang datang,  atau ngeflek dan disertai nyeri atau kram perut seperti nyeri haid, sebaiknya kita segera ke dokter SPOG untuk ditangani langsung, dilihat dengan USG bagaimana kondisi janin dan darimana asal darahnya, sehingga dokter mendiagnosis serta memberikan terapi secara tepat. 

Spotting selama kehamilan VS Perdarahan (Bleeding)
Penyebab spotting lainnya yakni adanya polip serviks (tidak berbahaya) dan dalam kehamilan biasanya terjadi perdarahan karena kadar naiknya kadar estogen. 

Perdarahan ini juga mungkin disebabkan karena penambahan dan pembesaran pembuluh darah disekitar serviks selama kehamilan. Akibatnya jika terjadi kontak dengan daerah serviks misalkan karena hubungan seksual atau pemeriksaaan ginekologi, dapat menyebabkan perdarahan. 

Jadi, perbedaan antara spotting dengan perdarahan adalah 
Spotting jumlah darah sedikit, tidak seperti menstruasi pada umumnya dan tidak sampai membasahi celana, hanya berupa tetesan darah. 
Perdarahan jumlah darahnya sama seperti menstruasi, bisa disertai nyeri ataupun tidak. Dan kita menggunakan pembalut karena darahnya lebih banyak. 

spotting yang membuat bunda khawatir ataupun perdarahan pada trimester 1, hal terbaik yang bisa bunda lakuin adalah menghubungi atau mengunjungi dokter SPOG Budan untuk memastikan apakah itu merupakan komplikasi kehamilan atau tidak seperti kehamilan ektopik. 
Dan perdarahan yang terjadi di trimester 2 dan 3 merupakan sinyal adanya komplikasi pada bunda ataupun bayi bunda. Dan harus segera ditangani di oleh dokter SPOG bunda, karena bisa mengindikasikan terbukanya serviks, plasenta previa atau solusio plasenta. 

Oleh karena itu, hal yang dianjurkan oleh dokter atau bidan bunda untuk dilakukan selama kehamilan agar kehamilan berlangsung aman dan sehat, yakni 
- bedrest (istirahat di tempat tidur) atau lebih banyak berbaring
- mengurangi jalan atau berdiri
-membatasi aktivitas fisik
-meninggikan posisi kaki jika memungkinkan
-menghindari mengangkat barang lebih dari 5 kg

berita baiknya adalah kebanyakan wanita yang mengalamai spotting (ngeflek) saat hamil mengindikasikan kehamilan yang sehat. Tapi bukan berarti semua spotting sama ya Bunda, karena itu penting untuk mendiskusikan spotting ini dengan dokter Bunda. 

Informasi: 
Mayo Clinic Guide to a Healthy Pregnancy , New York, NY: HarperCollins Publishers Inc. Obstetrics and Gynecology: The Essentials of Clinical Care. UNew York, NY Thieme New Yorky Danforth’s Obstetrics and Gynecology Ninth Ed. Scott, James et al., Ch. 17. Williams Obstetrics TwentySecond Ed. Cunningham, F. Gary, et al, Ch. 51.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGOVEN UBI CILEMBU ENAK

Alhamdulillah, dapat oleh oleh dari mb Bella, mamanya Bilal yang abis mudik dari Tegal. Jadi pagi hari ada babang ngojek nganterinnya dan segera mami twins cari tau gimana cara memasak ubi cilembu agar keluar madunya dan rasanya enak dan mirip dengan yang di Jawa. 2 kali masak ubi ubi ini, Papi selalu masak pake microwave, dan hasilnya ya biasa aja, kaya ubi ubi kayu biasa. Makanya kali ini jangan sampai keliru lagi. 
Setelah browsing sana sini, ketemu di youtube, ada mbak yang lagi beli ubi trus interview penjualnya dan penjualnya bilang kalo masaknya itu memang lama banet. Jika pake otamg, ubi ukuran kecil memakan waktu 1.5 jam paling cepat dan kalo yang gede sekitar 2.5 jam. Jadinya melihat itu, aku memilih untuk mencoba masak yang kecil dulu. Gimana caranya, ini dia ada di channel youtube ku :
Jadi cara mengovennya dengan oven listrik ternyata mudah sekali. Jadi menurut penjual ubi, ubi ini sudah dicuci jadi tinggal di Oven saja. Karena jika kita cuci lagi, kita harus mengeringka…

MENGATASI GATAL DI PERUT SAAT HAMIL

Berdasarkan pengalaman saya, saat memasuki usia kehamilan 16 minggu (4 bulan), saya mulai merasakan gatal di bagian perut dan dada. Gatal semakin terasa saat menjelang tidur. Ingin rasanya digaruk atau diberi salep atau apapun itu untuk menghilangkannya. Gatalnya lebih parah dibanding digigit nyamuk atau serangga. 

Gatal yang dialami saat hamil memanglah wajar, tetapi setidaknya kita harus tau penyebabnya dan pastinya cara mengatasinya supaya bisa menjalani kehamilan dengan nyaman. 
Penyebab Gatal Sebagian besar ibu hamil mengalami peregangan kulit yang biasa dikenal dengan stretch mark. Perkembangan janin menyebabkan perut membesar, kulit meregang dengan cepat, semakin mengurangi kelembapan kulit sehingga membuat gatal dan tidak nyaman. Lebih seringnya dialami pada bumil yang masuk trimester tiga, tapi pengalaman saya pribadi, untuk kehamilan kembar, lebih cepat mengalaminya, karena peregangan kulit perut lebih cepat sehingga di trimester 2 sudah mulai mengalaminya. Kita akan sering…

PIMITWINS FAMILY PROJECT ON NOVEMBER 2018 | DAY 1

Alhamdulillah, masuk ke Bunsay Level 3 ini tentang Melatih Kecerdasan dan kita ditantang untuk bisa membuat Family Project. Yippee!!! Jujur, diawal bingung apalagi ni project keluarga bareng twins, dan ditengah kegalauanku, datang lah sang kekasih, cieleee...ya...my Hubby, suami tercinta yang memecah kegalauanku dengan mencari solusi. Gimana Ceritanya....yuk mari....
Selasa, 30 Oktober 2018 malam hari sebelum bobo
Jadi, saat diskusi games level 3 di wag kelas, aku juga sambil berdiskusi dengan hubby dan juga menemani twins yang asik main. keliatan kalo mukaku bingung, Hubby pun ngajakin diskusi versi Pillow Talk bareng twins yang ikutan nimbrung juga. (So sweet). Mami, mana buku dan pen? Kata papi, dengan sigap langsung kusodorkan ke Hubby. Dan waktunya kami diskusi sambil papi oret oret di buku. 
Akhirnya terciptalah ide kita untuk Family Project, semua berbasis rumah dan lingkungan sehat dan asri, sifatnya sederhana, Pratical Life, dan ngelakuinnya bareng. 


Jadi tidur tenang deh di…