Langsung ke konten utama

MENGATASI GATAL DI PERUT SAAT HAMIL

Berdasarkan pengalaman saya, saat memasuki usia kehamilan 16 minggu (4 bulan), saya mulai merasakan gatal di bagian perut dan dada. Gatal semakin terasa saat menjelang tidur. Ingin rasanya digaruk atau diberi salep atau apapun itu untuk menghilangkannya. Gatalnya lebih parah dibanding digigit nyamuk atau serangga. 


Gatal yang dialami saat hamil memanglah wajar, tetapi setidaknya kita harus tau penyebabnya dan pastinya cara mengatasinya supaya bisa menjalani kehamilan dengan nyaman. 

Penyebab Gatal
Sebagian besar ibu hamil mengalami peregangan kulit yang biasa dikenal dengan stretch mark. Perkembangan janin menyebabkan perut membesar, kulit meregang dengan cepat, semakin mengurangi kelembapan kulit sehingga membuat gatal dan tidak nyaman. Lebih seringnya dialami pada bumil yang masuk trimester tiga, tapi pengalaman saya pribadi, untuk kehamilan kembar, lebih cepat mengalaminya, karena peregangan kulit perut lebih cepat sehingga di trimester 2 sudah mulai mengalaminya. Kita akan sering mengalami gatal bahkan seperti rasa semut berjalan pada bagian perut, hingga kita baik sadar atau tidak menggaruk perut atau dada. Kita tau bahwa itu memperparah keadaan , tapi secara naluri, pasti kita ingin menggaruknya atau mengelusnya utk mengatasi gatal sementara. Karena tidak banyak bumil yang bisa menahan rasa gatalnya. 

Jadi jika dilihat tadi sebab utama karena kurangnya kelembapan kulit, berarti kita harus ngelakuin apa yang bisa membuat kulit tetap lembab. Dan ini yang sudah saya coba praktekkan, Alhamdulillah 3 hari kemudian gatalnya hilang 😃
1. Gunakan pakaian yang longgar, bahan katun dan menyerap keringat. Jadi tidak ada tekanan di kulit membuat lebih nyaman. Gunakan bra yang lebih longgar. 
2. Banyakin makan sayur, buah dan pastinya air putih. Kerasa banget lebih enak dengan banyak minum air putih, lebih dari 2 liter per hari. Kulit lebih lembab. 
3. Mandi dengan air dingin membuat gatal lebih berkurang. 
4. Jangan menggunakan lotion dengan parfum. Ini saya udah rasain sendiri, maksudnya ingin memberikan kelembapan di kulit perut, ternyata dengan menggunakan lotion beraroma parfum, membuat semakin gatal. 
5. Ini yang akhirnya paling ampuh setelah melakukan semua hal diatas tadi yakni mandi dengan menggunakan sabun pH rendah, yakni sabun bayi. Saya menggunakan Johnson's milk+rice 200 ml, mandi dengan air dingin. Badan kita setelah mandi dengan sabun ini terasa seperti berminyak, tapi itulah yang membuat kulit menjadi lembab. 
6. Dan selesai mandi, saya menggunakan baby lotion Zwistal, merata di bagian perut, bokong, paha, dan dada. Saya lakuin selama 3 hari,kerasa hasilnya. Gak gatal lagi. 

Sebelumnya saya hampir ingin membeli produk yang direkomendasikan di forum diskusi bumil, harganya lumayan untuk satu kemasan kecil 450rb an, tapi saya urungkan dan mencoba hal yang lebih hemat dan aman. Kepikiran bayi kan kulitnya sensitif banget, jadi saya coba aja pakai perawatan bayi, dan berhasil. 

Jadi Bumil bisa mengatasinya sedini mungkin. Dan lebih baik sebelum gatal atau sebelum timbul strecth mark, agar bisa diantisipasi. Setidaknya saat masuk trimester 2. Sehat selalu ya Bunda...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGOVEN UBI CILEMBU ENAK

Alhamdulillah, dapat oleh oleh dari mb Bella, mamanya Bilal yang abis mudik dari Tegal. Jadi pagi hari ada babang ngojek nganterinnya dan segera mami twins cari tau gimana cara memasak ubi cilembu agar keluar madunya dan rasanya enak dan mirip dengan yang di Jawa. 2 kali masak ubi ubi ini, Papi selalu masak pake microwave, dan hasilnya ya biasa aja, kaya ubi ubi kayu biasa. Makanya kali ini jangan sampai keliru lagi. 
Setelah browsing sana sini, ketemu di youtube, ada mbak yang lagi beli ubi trus interview penjualnya dan penjualnya bilang kalo masaknya itu memang lama banet. Jika pake otamg, ubi ukuran kecil memakan waktu 1.5 jam paling cepat dan kalo yang gede sekitar 2.5 jam. Jadinya melihat itu, aku memilih untuk mencoba masak yang kecil dulu. Gimana caranya, ini dia ada di channel youtube ku :
Jadi cara mengovennya dengan oven listrik ternyata mudah sekali. Jadi menurut penjual ubi, ubi ini sudah dicuci jadi tinggal di Oven saja. Karena jika kita cuci lagi, kita harus mengeringka…

PIMITWINS FAMILY PROJECT ON NOVEMBER 2018 | DAY 1

Alhamdulillah, masuk ke Bunsay Level 3 ini tentang Melatih Kecerdasan dan kita ditantang untuk bisa membuat Family Project. Yippee!!! Jujur, diawal bingung apalagi ni project keluarga bareng twins, dan ditengah kegalauanku, datang lah sang kekasih, cieleee...ya...my Hubby, suami tercinta yang memecah kegalauanku dengan mencari solusi. Gimana Ceritanya....yuk mari....
Selasa, 30 Oktober 2018 malam hari sebelum bobo
Jadi, saat diskusi games level 3 di wag kelas, aku juga sambil berdiskusi dengan hubby dan juga menemani twins yang asik main. keliatan kalo mukaku bingung, Hubby pun ngajakin diskusi versi Pillow Talk bareng twins yang ikutan nimbrung juga. (So sweet). Mami, mana buku dan pen? Kata papi, dengan sigap langsung kusodorkan ke Hubby. Dan waktunya kami diskusi sambil papi oret oret di buku. 
Akhirnya terciptalah ide kita untuk Family Project, semua berbasis rumah dan lingkungan sehat dan asri, sifatnya sederhana, Pratical Life, dan ngelakuinnya bareng. 


Jadi tidur tenang deh di…