Langsung ke konten utama

BREASTFEEDING 911

Seminar Breastfeeding 911 , Hari Minggu tanggal 24 November 2018 berlokasi di hotel Aston Pontianak dengan Pembicaranya yakni dokter spesialis anak yakni  dr. Tiwi dan dr. Luh, dokter spesialis kedokteran fisik. 

Ada beberapa point penting yang ku catat selama menyimak seminar yang luar biasa bagus ini, tentang betapa pentingnya ASI itu. Apa saja, ini dia :

Jika bayi di beri susu formula, bayi jadi ngantuk karena proteinnya tinggi, jadi lama di proses di lambung dan bayi tidak mudah lapar, berbeda dengan bayi ASI.

Laktosa dari ASI biasanya bikin bayi seperti diare, jadi seperti anak sering pup. 

Protein di ASI kualitasnya bagus sekali karena komponen zat zat kekebalan utk anak. 


Laktosa untuk menyelimuti mealin yang fungsinya untuk menstimulus otak bayi. Dan itu terdapat hanya di ASI.

Susu sapi membuat anak susah mencerna sehingga bikin anak kenyang dan tidur.

Enzim lipase ada di ASI karena mencerna DHA AHA yang di ASI. 

Lipase gak bakalan bisa ditiru di susu sapi. Hanya ada di ASI.


Hormon oksitosin dan prolaktin mendukung kelancaran ASI. 

Nyeri abis SC bikin pasien susah untuk menyusui karena hormon oksitosin rendah. Namun tetap bisa menyusui dan itu butuh support keluarga.


ASI encer itu tinggi laktosa guna untuk otak dan kekebalan.

Asi yang kental untuk menaikkan BB dan memproduksi DHA AHA atau lemak.

Saat ibu sakit justru ibu memberikan antibodi ke anak,  jadi misalkan sakit cacar air, asi justru mengeluarkan antibodi jadi tetap memberikan asi jadi bisa kasih asi perah. 

Ibu yang tidak boleh menyusui : 
Ibu kanker yang terapi Kemo dan ibu HIV AIDS

Asi perah di kulkas itu laktosanya udah hilang. Tiap hari anak harus naik 20gr per hari.

Dr. luh
Kenapa bayi bisa bergerak sendiri ke payudara? 
Sejak janin dalam rahim, sistem indra sudah berkembang. janin bisa mendengar, bergerak, berarti sistem sensornya berkembang.


Sistem pendengarannya saat baru lahir bergerak ke arah jantung dan warna yang dikenalnya warna hitam yaitu aerola. Karena itu IMD sangat mungkin dilakukan pada ibu bersalin normal.

Apa yang diucapkan oleh lingkungan, suara, usapan, semua akan masuk ke otak, berarti memory. Berarti sambil nyusu sounding hal baik.

Jadi menyusui setelah itu perkuat otot dada dengan berenang dan postur tubuh serta olahraga. Agar payudara bisa kembali ke bentuk semula.

Ujung puting susu mengandung sel saraf sangat sensitif artinya menerima stimulus sangat besar dan intens. Kalo tidak ada masalah berarti breastfeeding (menyusui secara langsung) yang terbaik.

Rongga mulut bayi adalah jendela dunia. Pada awal kehidupan bayi, segala sesuatu bayi pasti apapun masuk mulut karena bayi penasaran. 

Apabila terjadi proses menyusui yang apabila kita berikan sambil bernyanyi, dan kita menyusui langsung, itu proses bounding (rasa aman, bahagia, nyaman dan membangun perkembangan otak lebih baik). 

Menyusui sesuatu yang sakral.

Puting susu lentur dan sangat baik menyesuaikan dengan mulut bayi. Jadi waktu penyesuaian itu 3 bulan.

Proses menyusui di awal untuk bayi sangat susah dan melelahkan. Seperti lari sprint 100 meter.

Artinya posisi leher, dan bahu mempengaruhi bayi menelan.

Membedong tidak boleh lurus kaya botol, tapi kita bikin menekuk kaya posisi dalam perut.

Bayi bisa menghisap dengan baik jika menempel semua.

Tujuan ngempeng boleh, karena eksplorasi oral. 

Minum itu proses yang sulit untuk bayi, 
Jadi :
Posisi yang tepat
Memberikan anak kesempatan hemostatis atau belajar untuk anak.


Nyusuin adalah saat yang sakral.

Jadi kalo anak nyusu kaya nafasnya orang olga itu karena menyusu itu kaya olahraga bagi anak.

Para bayi menyusui jika ibu O ayahnya AB, jadi bayinya beda golongan darah, memang rentan kuning tapi wajib tetap bisa menyusui.

100 persen bayi menyusui pasti kuning. Kalo perlu sinar, biasanya tetap.sinar dan menyusui. Rooming in.

Misalkan sistem di RS tidak bisa rooming in, ibunya tetap musti menyusui ,bolak balik aja.

Breast milk jaundice
Bayi gendut dan kuning


Massage dan manipulasinputing saat hamil itu tidak perlu, tapi dilakukan setelah lahiran karena dapat merangsang puting susu.

Jika puting susu lecet, jangan kasih apapun, biarkan saja ataupun kasih asi.

Semakin lama IMD semakin baik dan itu yang tidak bisa dikerjakan pada saat SC dan suhu di ruangan SC terlalu dingin.

Pada kelahiran normal, maka paru bayi lebih cepat karena proses pemerasan paru saat masuk ke jalan lahir.

Pada ibu yang lahir proses asi tertunda karena skin to skin nya tertunda. Jadi musti segera skin to skin.

Belajar asi perah pake asi seger. 

Dan jika ingin memberikan di kulkas, harus udah diturunkan dari freezer ke chiller selama semalaman.


Lipase yang di susu beku rasanya langu. Jadi bisa dicampur asi segar dan perah. Simpannya musti dalam ukuran sekali habis.

Kalo bisa masukkan ke kontainer langsung jangan sampai tercemar dengan makanan lain.

Tiap 3 jam ada gak ada tetap perah. Jika abis melahirkan dan gak rooming pada bayi. Ibu fokus istirahat dan memerah asi. Kemudian jika bayi stabil lakukan kanguru mothercare. Namanya relaktasi.

Refleks hisap muncul 35-36 minggu usia kehamilan. Jadi bayi bayi di nicu menggunakan nest ,dikebalikan seperti posisi dalam rahim.

Asi perah jangan di stok, tapi tiap hari ganti, sesuai stok .

Kenapa berat badan berpengaruh sekali terhadap breastfeeding
Jawab : 
Tumbuh dan kembang. 
Tumbuh parameternya berat badan , dan berat badan mempengaruhi perkembangan organ tubuh dan volume otak.

Stunting hati hati jika berat badan tidak optimal di 3 bulan utama.

Begitu masuk 7-14 hari jika berat badan gak kembali di berat badan normal, itu bahaya.
2-3 jam kita buka bedongnya dan rootingnya keluar dan refleks menyusuinya bagus. Jadi produksi asi ibu turun.

Sukses asi merupakan kerjasama antara ibu, bayi dan suami. Bayi memahami rasa sejak dalam kandungan. Jadi apapun yang dimakan ibu, itulah yang dirasakan bayi karena itu juga bisa makan variasi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGOVEN UBI CILEMBU ENAK

Alhamdulillah, dapat oleh oleh dari mb Bella, mamanya Bilal yang abis mudik dari Tegal. Jadi pagi hari ada babang ngojek nganterinnya dan segera mami twins cari tau gimana cara memasak ubi cilembu agar keluar madunya dan rasanya enak dan mirip dengan yang di Jawa. 2 kali masak ubi ubi ini, Papi selalu masak pake microwave, dan hasilnya ya biasa aja, kaya ubi ubi kayu biasa. Makanya kali ini jangan sampai keliru lagi. 
Setelah browsing sana sini, ketemu di youtube, ada mbak yang lagi beli ubi trus interview penjualnya dan penjualnya bilang kalo masaknya itu memang lama banet. Jika pake otamg, ubi ukuran kecil memakan waktu 1.5 jam paling cepat dan kalo yang gede sekitar 2.5 jam. Jadinya melihat itu, aku memilih untuk mencoba masak yang kecil dulu. Gimana caranya, ini dia ada di channel youtube ku :
Jadi cara mengovennya dengan oven listrik ternyata mudah sekali. Jadi menurut penjual ubi, ubi ini sudah dicuci jadi tinggal di Oven saja. Karena jika kita cuci lagi, kita harus mengeringka…

MENGATASI GATAL DI PERUT SAAT HAMIL

Berdasarkan pengalaman saya, saat memasuki usia kehamilan 16 minggu (4 bulan), saya mulai merasakan gatal di bagian perut dan dada. Gatal semakin terasa saat menjelang tidur. Ingin rasanya digaruk atau diberi salep atau apapun itu untuk menghilangkannya. Gatalnya lebih parah dibanding digigit nyamuk atau serangga. 

Gatal yang dialami saat hamil memanglah wajar, tetapi setidaknya kita harus tau penyebabnya dan pastinya cara mengatasinya supaya bisa menjalani kehamilan dengan nyaman. 
Penyebab Gatal Sebagian besar ibu hamil mengalami peregangan kulit yang biasa dikenal dengan stretch mark. Perkembangan janin menyebabkan perut membesar, kulit meregang dengan cepat, semakin mengurangi kelembapan kulit sehingga membuat gatal dan tidak nyaman. Lebih seringnya dialami pada bumil yang masuk trimester tiga, tapi pengalaman saya pribadi, untuk kehamilan kembar, lebih cepat mengalaminya, karena peregangan kulit perut lebih cepat sehingga di trimester 2 sudah mulai mengalaminya. Kita akan sering…

PIMITWINS FAMILY PROJECT ON NOVEMBER 2018 | DAY 1

Alhamdulillah, masuk ke Bunsay Level 3 ini tentang Melatih Kecerdasan dan kita ditantang untuk bisa membuat Family Project. Yippee!!! Jujur, diawal bingung apalagi ni project keluarga bareng twins, dan ditengah kegalauanku, datang lah sang kekasih, cieleee...ya...my Hubby, suami tercinta yang memecah kegalauanku dengan mencari solusi. Gimana Ceritanya....yuk mari....
Selasa, 30 Oktober 2018 malam hari sebelum bobo
Jadi, saat diskusi games level 3 di wag kelas, aku juga sambil berdiskusi dengan hubby dan juga menemani twins yang asik main. keliatan kalo mukaku bingung, Hubby pun ngajakin diskusi versi Pillow Talk bareng twins yang ikutan nimbrung juga. (So sweet). Mami, mana buku dan pen? Kata papi, dengan sigap langsung kusodorkan ke Hubby. Dan waktunya kami diskusi sambil papi oret oret di buku. 
Akhirnya terciptalah ide kita untuk Family Project, semua berbasis rumah dan lingkungan sehat dan asri, sifatnya sederhana, Pratical Life, dan ngelakuinnya bareng. 


Jadi tidur tenang deh di…