MENGENALI GAYA BELAJAR TWINS DAN DIANTARA DUA PILIHAN | DAY 1

Assalamu'alaikum Alhamdulillah, kembali lagi dengan games Bunsay yang semakin menantang dan membuat kita tambah intens dalam membersamai anak anak , yakni twins yang sekarang udah #23 bulan. Mengamati twins untuk mengetahui gaya belajar mereka. Namun tantangan kali ini tentang mengenali gaya belajar anak, saya harus memilih salah satu saja diantara mereka berdua yang disetorin dalam tugas bunsay (dalam prakteknya saya tetap mengamati Talita juga) dan saya pilih Tameka setelah kemaren lebih dominan ngamatin Tameka. Tameka yang aktif sekali dan lebih sering bikin saya penasaran dengan tingkah lakunya. 
Tameka yang otomatis menunjukkan kaki dan kuku kakinya saat mrlihat di buku ada gambar anak yang sedang berwudhu dan membasuh kakinya (kebetulan hape didekatku jadi bisa jepret)

Kemaren masih belum sepenuhnya ngeh, gimana project yang harus saya siapin agar games ini terukur progress dan hasilnya. Alhamdulilah, pagi pagi ngecek di link setoran, ternyata mbak Mimil perdana nyetor dan ngasih AHA moment buat saya. Thanks a lot mbak. Kemudian berbekal hasil diskusi kelas dan Peer Group yang sekarang pada on fire,seru bikin saya seneng banget liat teman teman pada semangat semua, juga masukan dari Papi, maka terwujudlah project buat Tameka. 

Ini adalah hasil oret oretan saya dengan mengkombinasikan 4 indikator perkembangan anak. Apa aja, ini dia : 

1. Checklist Indikator Perkembangan Anak Usia 1-2 tahun 
https://rumahinspirasi.com/checklist-indikator-perkembangan-anak-usia-1-2-tahun-diknas/

2. KSKP Anak 
https://tumbuhkembang.info/alat/kuesioner-pra-skrining-perkembangan-kpsp/comment-page-1/

3. Perkembangan anak oleh Kiki Barkiah
https://mamakrucilsblog.wordpress.com/category/institut-ibu-profesional/kurikulum-kiki-barkiah/

4. PERMENDIKBUD NO 137 TAHUN 2014 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
https://www.paud.id/2015/10/indikator-paud-kurikulum-2013-usia-0-6-tahun.html

Nah dari keempat indikator tadi, saya pilih indikator yang menurut saya Tameka belum bisa ataupun belum fasih. Inilah hasil oret oretannya. 


Kemudian saya akan tentukan bagaimana kegiatannya serta cara penyampaiannya ke Tameka berdasarkan indikator visual, auditori, dan kinestetik. 

Bismillah. 

#harike1
#Tantangan10hari 
#GameLevel4 
#GayaBelajarAnak 
#kuliahBunSayIIP