Langsung ke konten utama

#2 Pendidikan Fitrah Seksualitas Sejak Dini


















Pembahasan tentang pendidikan fitrah seksualitas sejak dini oleh kelompok 2 Bunsay Kalimantan 1 ini seru. Kita dibawa kembali untuk belajar betapa pentingnya menanamkan fitrah seksualitas kepada anak karena itu akan membentuk masa depan anak itu sendiri. 

Pengenalan terhadap organ intim sejak dini, sangat penting. Karena anak paham perbedaan lelaki dan perempuan. 

Karena itu, kitalah orang tua, sebagai yang paling utama memberi pendidikan ini dan juga sebagai teladan atau role model kepada anak. 

#Bunsaylevel11
#Fitrahseksualitas
#kuliahbundasayangIIP
♥♥♥♥♥♥♥


Dan inilah kulwhap oleh Kelompok 2 pada games level 11 ini. Terimakasih kelompok 2. Ada mbak Titin, Amila, Naila dan Leily

[09/08, 13:05] Tietien bunsay #4 kalimantan 1: Pendataan tahun 2014
*4 dari 100 pelajar dan mahasiswa mengonsumsi narkoba*
*95 dari 100 anak kelas 4,5,6 SD telah mengakses pornografi*
*600.000 kasus anak perempuan usia 10-11th hamil diluar nikah*
*2,2 juta kasus remaja perempuan 15-19th hamil diluar nikah, tentunya ini beriringan dengan tingginya kasus aborsi*
*3.061 remaja terinfeksi HIV setiap 3 bulan*
*Kejahatan seksual pada anak meningkat 100% setiap tahunnya*
*Indonesia menempati Fatherless Country urutan ke 3 Dunia*

Data terbaru
*Banyaknya gangguan mental anak akibat kecanduan game online*
*Adiksi gadget, balita mengalami kerusakan saraf dan terkena kanker darah*
*Dibogor, Ribuan bocah membuat video porno*
[09/08, 13:11] Tietien bunsay #4 kalimantan 1: Dalam foto 2 ini ada 2 kasus yang bisa kita temukan kesamaan

*pemberian fasilitas teknologi gadget kepada anak*
[09/08, 13:11] Tietien bunsay #4 kalimantan 1: Bikin video porno dan candu dari balik layar oleh anak2 yang masih belia😭
[09/08, 13:12] Tietien bunsay #4 kalimantan 1: Apakah ini sering kita temukan di lingkungan kita?atau justru terjadi didalam rumah sendiri?
[09/08, 13:12] Amila Ketapang Bunsay: Iya..buat anak hape itu bs jd candu
[09/08, 13:13] +62 816-1401-237: jadi makin sadar, penting banget mendidik fitrah seksualitas dg benar
[09/08, 13:13] Tietien bunsay #4 kalimantan 1: Bagian ini tidak ditulis dengan maksud menakut-nakuti. Bagian ini memang harus disampaikan untuk menajamkan kesadaran kita sebagai orang tua.

Dari sekian banyak kriminalitas dan masalah dirumah, entah yang dilakukan orang dewasa sampai anak-anak sekalipun, jika ditelusuri akar utama memiliki motif yang sama yaitu pelaku memiliki masalah di keluarganya, dirumahnya
[09/08, 13:14] Tietien bunsay #4 kalimantan 1: Melihat data potret generasi hari ini, tentunya menjadi kekhawatiran yang berujung pada pertanyaan lanjutan *Sebagai orang tua, darimana kita mulai untuk bisa merubahnya?* Agar hal-hal tersebut tidak terjadi pada anak-anak kita dan kita mampu bergerak mengambil peran sebagai agen perubahan (changemaker) dalam setiap penyimpangan.
[09/08, 13:15] Tietien bunsay #4 kalimantan 1: Berdasarkan hal tersebut diatas maka menjadi *penting bagi kita sebagai orang tua untuk mendidik Fitrah Seksualitas Usia Dini*

Abainya orang tua pada bagian ini akan berdampak buruk sepanjang hayat bagi anak tercinta.
[09/08, 13:21] Lely Peer 5: Menanamkan pendidikan gender pada anak harus dimulai sejak dini untuk mengetahui konsep diri secara utuh sebagai LAKI-LAKI dan PEREMPUAN secara keseluruhan.
Pentingnya mengenalkan peran gender sejak dini sangat erat kaitannya dengan perkembangan dan pembentukan pola perilaku dan kepribadian anak di masa dewasa.
Sehingga sangat dibutuhkan kehadiran dan kedekatan sosok Ayah dan Ibu dari usia dini.
[09/08, 13:22] Tietien bunsay #4 kalimantan 1: Anak menjadi pede dan bangga untuk bilang *saya anak laki2* atau *saya anak perempuan* 📝
[09/08, 13:24] Lely Peer 5: Pengenalan Organ Tubuh
[09/08, 13:25] Lely Peer 5: Pengenalan anggota tubuh dan fungsinya harus secara benar diajarkan kepada anak sejak dini.
Sebagai orang tua yang memiliki perhatian penuh untuk buah hati tercinta, kita harus berperan aktif mengajarkannya tentang hal ini.
Ada beberapa cara untuk mengenalkan anggota tubuh dan fungsinya kepada anak.
[09/08, 13:26] Amila Ketapang Bunsay: Jadi mereka tahu dr awal gender mereka apa ya?
[09/08, 13:26] +62 816-1401-237: mengenalkan organ2 yg memang hanya dimiliki perempuan dan laki2 jg ya mbak?
[09/08, 13:28] Lely Peer 5: iya mbak setelah mereka tahu konsep gender mereka.. saatnya tugas orang tua menjelaskan organ2 tubuh secara umum.. dan ketika sudah  dirasa mampu berpikir dgn baik kita dapat menjelaskan ttg organ reproduksi.
[09/08, 13:30] Amila Ketapang Bunsay: Organ tubuh itu kan ada yang ga boleh di pegang orang asing kan mba?
[09/08, 13:30] Lely Peer 5: apalagi di jaman skr umur 8-9 tahun sdh ada yg mulai haid dan mimpi basah.. sejak dini sdh harus kita jelaskan
[09/08, 13:31] Lely Peer 5: Pengenalan Macam sentuhan
[09/08, 13:31] Lely Peer 5: Sentuhan darinorang lain
[09/08, 13:32] Lely Peer 5: Sentuhan yang boleh dan Sentuhan tidak boleh
[09/08, 13:39] Lely Peer 5: Mengajarkan aurat termasuk bagian tarbiyah jinsiyah (pendidikan seksualitas). Tarbiyah jinsiyah perlu ditanamkan kepada anak sejak dini agar anak tidak bingung akan jenis kelaminnya dan mengikuti jalan yang salah.
Dalam Islam kita memahami bahwa tubuh kita adalah ciptaan Allah, tunduk pada aturan Allah dan harus mengikuti seluruh perintah dan menjauhi segala larangannya.
Karena anak belum berkewajiban menutup aurat sampai baligh, maka sebaiknya kita juga tidak memaksa mereka, walaupun tetap harus terus diajari. Cara mengajari yang paling utama adalah melalui teladan dari orangtuanya dan menggunakan bahasa yang mudah di mengerti oleh anak.
[09/08, 13:43] +62 816-1401-237: Wah, makassiii Mbak Tietien dan Mbak Lely yang sudah mengawali dengan penjelasan tentang *mengapa dan apa saja yang tercakup di Pendidikan Fitrah Seksualitas pada Anak Sejak Dini*.

Nah... Melengkapi poin – poin tersebut, di bagian ini saya akan sedikit sharing dan cerita tentang *who, where dan when nya*



Jika ditanya kapan dan di mana yang paling tepat utk mengenalkan dan menanamkan fitrah seksualitas pada anak sejak dini?



Kami berempat sepakat bahwa waktu dan tempat yang tepat itu bisa di mana saja dan kapan saja, namun harus sesuai konteksnya.



Misalnya, saat mengantar anak – anak ke toilet di tempat umum, biasanya terpisah lokasi perempuan dan laki-laki, hal tersebut menjadi momen yang tepat untuk mulai mengenalkan perbedaan jenis kelamin pada anak-anak.
[09/08, 13:45] +62 816-1401-237: Tahapan perkembangan anak secara psikologi dan Islam



Fase Oral (0-8 bulan) - Sumber kenikmatan : Mengisap, Menelan, Bermain bibir



Fase Anal (8-18 bulan) - Mengeluarkan dam menahan kotoran, mengontrol BAK dan BAB. Jika kita orangtuanya belum melatih anak untuk masalah mengatur kapan dikeluarkan dan ditahan BAB maupun BAK nya, selesaikan hutang pengasuhan ini terlebih dahulu. Cikal bakal anak bisa menahan atau mengeluarkan di waktu yang tepat, tempat yang sesuai adalah cara dia menahan nafsunya kelak.



Fase Phallic : (18 bulan sampai 6 th) - Perhatian dan manipulasi genital



Fase Latency : (6 - 11 th) - Perhatian terhadap seks, indentifikasi orangtua sejenis, anak laki-laki butuh sosok ayah, anak perempuan butuh sosok ibu. Kegagalan di fase ini, rawan terhadap LaGiBete



Fase Genital : (11 th ke atas) - Concern terhadap seksual orang dewasa.



7 - 10 th :  etika meminta izin masuk ke kamar orangtua dan belajar menahan pandangan



10 - 14 th : jauhkan anak dari rangsangan seksual



14 - 16 th : ajarkan anak etika seksual



> 16 th : adab isti'faf (menjaga diri)
[09/08, 13:46] +62 816-1401-237: Tahapan perkembangan seksual sesuai usia

✅Usia 0 - 5 th
Anak butuh kelengketan dengan ibunya dalam menyusu. Komunikasi yang hangat (suara, intonasi, vocab baru minimal empat karabper hari). *Ajarkan anak tentang diri dan tubuhnya, berikan informasi bahwa diri dan tubuhnya sangat berharga, untuk itu dia harus menjaga dan memelihara dirinya dengan baik* . Ada beberapa sentuhan yang wajib dikenalkam kepada anak, diantaranya sentuhan baik (kepala sampai leher, betis sampai telapak kaki), sentuhan yang membingunkan, sentuhan yang buruk (dada dan pantat).

Ajarkan anak untuk mempercayai perasaannya. Belajar berkata tidak, enggak mau atau jangan begitu ketika memperoleh sesuatu yang tidak nyaman terhadap dirinya. Didik agar ia mampu menemukan identitas seksualnya. Sejak di atas usia 3 tahun, pastikan dia sudah tahu jenis gendernya, laki-laki atau perempuan

Usia 5 - 7 th. Kenalkan bedanya *Orang Asing (orang yang sama sekali tidak dikenal)* 

*Kenalan ayah ibunya  (tukang sayur)*

*Teman*

*Sahabat*

*Kerabat*

*Mahrom*

Beri kesempatan seluang-luangnya untuk anak usia 7 th untuk banyak belajar, karena dia akan meniru, mengidentifikasi orang di sekitarnya. *ORANGTUANYA WAJIB HADIR* 

Bicara AURAT di usia 5 - 7 th

Pakaian bukan untuk pelindung badan, tapi ada budaya, hukum agama yang harus dipenuhi. Sejak dini tahu batasan bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh ditampakkan. Kesepakatan dengan orangtua terkait aurat, ayah ibunya lah model nya, orang yang akan memberikan teladan sesuai tuntunan agama
[09/08, 13:49] Lely Peer 5: karena kondisi anak2 berbeda2 ya mbak.. jadi fleksibel kapan dan dimana,kita sebagai orang tua yg mengajarkannya
[09/08, 13:52] +62 816-1401-237: Kemudian berdiskusi ttg siapa yang bertanggung jawab, maka di slide di atas tertulis bahwa ada bbrp peran yg harus dijalankan

*Penanggungjawab*

Tentunya adalah ayah tercintaaah😍
[09/08, 13:52] +62 816-1401-237: Mentor Utama siapa?

Pastinya yaitu Ayah Bunda
[09/08, 13:52] +62 816-1401-237: Mentor Pendamping

Bisa ditambah peran pengasuh di rumah atau sang kakak jika anak tersebut bukan anak pertama, atau anggota keluarga lainnya bisa juga guru😘
[09/08, 13:56] +62 816-1401-237: KEGIATAN yang akan dilakukan : Mengajarkan tentang sentuhan dan orang di sekitar - Siapa yang jadi Mentor : ayah dan bunda, Periode : Juli



KEGIATAN yang akan dilakukan : Penjelasan mengenai Baligh - Siapa yang jadi Mentor : Ayah, Periode : Agustus



KEGIATAN yang akan dilakukan : Penjelasam dampak positif TV  Internet Ps dan Hp - Siapa yang menjadi mentor : Mama dan mbak, Periode : November



KEGIATAN yang akan dilakukan : Bergaul dengan benar dan baik - Siapa yang menjadi mentor : Ayah dan bunda. Periode : Desember
[09/08, 14:00] Amila Ketapang Bunsay: Selanjutnya saya akan membahas dari mana memulai Pendidikan Fitrah Seksualitas Sejak Dini
[09/08, 14:02] Amila Ketapang Bunsay: Islam sebagai agama yang sempurna telah mengajarkan bagaimana pendidikan seksualitas sejak dini, yang dikenal sebagai Tarbiyah Jinsiyah
[09/08, 14:02] Amila Ketapang Bunsay: Pendidikan seksualitas yang benar perlu dikenalkan pada anak. Bukan hanya dibiarkan. Karena lambat laun dorongan seksual pada anak pasti akan hadir
[09/08, 14:03] Amila Ketapang Bunsay: Saat dorongan itu hadir dan anak mendapatkan informasi yang salah tentunya akan sangat berbahaya.
[09/08, 14:03] Amila Ketapang Bunsay: Adapun dalam presentasi kali ini, kami merangkum ada beberapa yang bisa dikenalkan pada anak untuk mengembangkan fitrah seksualitas sejak dini
[09/08, 14:04] Amila Ketapang Bunsay: Seperti yang sudah disampaikan oleh mba Lely bagaimana mengenalkan aurat pada anak2
[09/08, 14:05] Amila Ketapang Bunsay: Selanjutnya anak2 di kenalkan untuk tidak melihat aurat orang lain. Hal ini diharapkan anak2 dapat menjaga dan mengendalikan apa yang dilihatnya
[09/08, 14:08] Amila Ketapang Bunsay: Kemudian anak dilatih untuk meminta ijin masuk ke kamar orang tua dalam 3 waktu:
1. Sebelum subuh
2. Setelah shalat dzuhur
3. Setelah shalat Isya

Dengan catatan kalau pintu nya tertutup 😊
[09/08, 14:10] Amila Ketapang Bunsay: Apabila kondisi rumah tidak memungkinkan. Maka anak2 yang sama jenis kelaminnya harus tidur dalam selimut yang terpisah

Hal ini bisa mengurangi dampak gay dan lesbi
[09/08, 14:12] Amila Ketapang Bunsay: Nah menyambung penjelasan mba Lely jg..mereka berpakaian sesuai dengan jenis kelaminnya menunjukkan identitas mereka
[09/08, 14:19] +62 816-1401-237: Perintahlah anak-anakmu untuk mendirikan shalat ketika mereka telah berumur tujuk tahun, dan pukullan bila enggan mendirikan shalat ketika telah berumur sepuluh tahun dan pisahkanlah tempat tidur mereka.” (HR. Abu Dawud)

Pada tahun 7 tahun ini awal-awal yang sifatnya anjuran, sebelumnya juga sudah boleh sebagaimana yang pernah kita sampaikan dahulu. Maka dari itu Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah beliau menjelaskan dengan hadits ini para Imam kita menjelaskan wajib memisahkan antara laki-laki dan perempuan sehingga tidak dibolehkan anak laki-laki dan anak perempuan berkumpul disatu tempat tidur
[09/08, 14:27] Amila Ketapang Bunsay: Terima kasih atas partisipasi dan antusias teman2..

Karena sudah 1.5 jam..sesi diskusi ini saya tutup

Mohon maaf atas kekurangan dan kesalahan

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGOVEN UBI CILEMBU ENAK

Alhamdulillah, dapat oleh oleh dari mb Bella, mamanya Bilal yang abis mudik dari Tegal. Jadi pagi hari ada babang ngojek nganterinnya dan segera mami twins cari tau gimana cara memasak ubi cilembu agar keluar madunya dan rasanya enak dan mirip dengan yang di Jawa. 2 kali masak ubi ubi ini, Papi selalu masak pake microwave, dan hasilnya ya biasa aja, kaya ubi ubi kayu biasa. Makanya kali ini jangan sampai keliru lagi. 
Setelah browsing sana sini, ketemu di youtube, ada mbak yang lagi beli ubi trus interview penjualnya dan penjualnya bilang kalo masaknya itu memang lama banet. Jika pake otamg, ubi ukuran kecil memakan waktu 1.5 jam paling cepat dan kalo yang gede sekitar 2.5 jam. Jadinya melihat itu, aku memilih untuk mencoba masak yang kecil dulu. Gimana caranya, ini dia ada di channel youtube ku :
Jadi cara mengovennya dengan oven listrik ternyata mudah sekali. Jadi menurut penjual ubi, ubi ini sudah dicuci jadi tinggal di Oven saja. Karena jika kita cuci lagi, kita harus mengeringka…

MENGATASI GATAL DI PERUT SAAT HAMIL

Berdasarkan pengalaman saya, saat memasuki usia kehamilan 16 minggu (4 bulan), saya mulai merasakan gatal di bagian perut dan dada. Gatal semakin terasa saat menjelang tidur. Ingin rasanya digaruk atau diberi salep atau apapun itu untuk menghilangkannya. Gatalnya lebih parah dibanding digigit nyamuk atau serangga. 

Gatal yang dialami saat hamil memanglah wajar, tetapi setidaknya kita harus tau penyebabnya dan pastinya cara mengatasinya supaya bisa menjalani kehamilan dengan nyaman. 
Penyebab Gatal Sebagian besar ibu hamil mengalami peregangan kulit yang biasa dikenal dengan stretch mark. Perkembangan janin menyebabkan perut membesar, kulit meregang dengan cepat, semakin mengurangi kelembapan kulit sehingga membuat gatal dan tidak nyaman. Lebih seringnya dialami pada bumil yang masuk trimester tiga, tapi pengalaman saya pribadi, untuk kehamilan kembar, lebih cepat mengalaminya, karena peregangan kulit perut lebih cepat sehingga di trimester 2 sudah mulai mengalaminya. Kita akan sering…

PIMITWINS FAMILY PROJECT ON NOVEMBER 2018 | DAY 1

Alhamdulillah, masuk ke Bunsay Level 3 ini tentang Melatih Kecerdasan dan kita ditantang untuk bisa membuat Family Project. Yippee!!! Jujur, diawal bingung apalagi ni project keluarga bareng twins, dan ditengah kegalauanku, datang lah sang kekasih, cieleee...ya...my Hubby, suami tercinta yang memecah kegalauanku dengan mencari solusi. Gimana Ceritanya....yuk mari....
Selasa, 30 Oktober 2018 malam hari sebelum bobo
Jadi, saat diskusi games level 3 di wag kelas, aku juga sambil berdiskusi dengan hubby dan juga menemani twins yang asik main. keliatan kalo mukaku bingung, Hubby pun ngajakin diskusi versi Pillow Talk bareng twins yang ikutan nimbrung juga. (So sweet). Mami, mana buku dan pen? Kata papi, dengan sigap langsung kusodorkan ke Hubby. Dan waktunya kami diskusi sambil papi oret oret di buku. 
Akhirnya terciptalah ide kita untuk Family Project, semua berbasis rumah dan lingkungan sehat dan asri, sifatnya sederhana, Pratical Life, dan ngelakuinnya bareng. 


Jadi tidur tenang deh di…