Langsung ke konten utama

Para Emak Blogger

Beberapa waktu yang lalu, saya ada mengikuti kulwhap yang diadain oleh IP Sumut, dan narsumnya seorang ibu blogger yang menginspirasi sekali. Beliau namanya mb Nurul Fauziah. Berikut biodatanya.

Nah, dan ini ada resume hasil Q & A peserta kulwhap dengan Narsum.
Ini dia :
Penanya 1⃣
Srirafsanjani_umum

Assalamu'alaikum mom narsum yang saya hormati. Saya ingin bertanya mom.

1. Apakah tulisan kita diblog (selalu) boleh berupa asumsi / pengalaman pribadi atau melulu harus ada sumber atau refrensi teruji?

2. Apa keterkaitan antara blogger dan influencer dalan dunia agency dan industri kreatif?

3. Bagaimana kiat mengisi blog (nonprofitable) untuk pemula yang hoby sekali dengan dunia tulis menulis namun awam dalam industri agency dan industri kreatif tetapi ingin sekali nyebur kedalamnya?

4. Maaf mom, satu lagi. Apa saja  kiat untuk menjadi profesional content writer hoby menulis saja apa cukup?
Terimakasih mom🙏

Alaikumsalam Bu Srirafsanjani_Umum

*1.Apakah tulisan kita diblog (selalu) boleh berupa asumsi / pengalaman pribadi atau melulu harus ada sumber atau refrensi teruji?*

Ya boleh kali lah Bu, justru blog itu salahsatu fungsinya adalah untuk menyimpan catatan dari pengalaman pribadi dan berbagi pengetahuan. Bisa jadi pengalaman yang kita tulis di blog bermanfaat buat pembaca, agar tidak mengulang kesalahan sama,  atau berbagi pengetahuan yang tentunya pembaca kita gak tahu informasi tersebut.

Nah pada saat kita menulis pengalaman pribadi pun tetap memerlukan sumber, misal kita review tempat makan, restoran, nah kita perlu data restorannya, menunya apa aja, harga menunya, tempatnya asik gak, ada kids cornernya kah dan data informasi valid lainnya.

Jika dirasa catatan tersebut suatu yang gak pantas dipublikasi ya jangan dipublikasi, tulis manual di buku catatan harian kita. Karena setiap konten yang sudah terpublikasi di dunia maya, tidak dapat kita tarik, kita hapus, jejaknya akan terekam selamanya, maka hati-hati.

*2. Apa keterkaitan antara blogger dan influencer dalan dunia agency dan industri kreatif?*

Seorang blogger udah pasti influencer, seorang influencer belum tentu blogger.

Disebut blogger karena ia membangun karirnya dengan merawat blog, membuat tulisan disana sekaligus merawat akun akun sosial medianya, sedangkan influencer atau sekarang disebut selebgram ( karena sosmed paling hits saat ini adalah instagram ) berawal dari punya follower banyak di instagram, apakah follower suka konten atau foto-foto pribadi si punya akun, atau akun itu adalah anak artis yang baru lahir *eh

Kalau dunia agency atau disebut juga agensi branding merupakan perusahaan yang fokus menciptakan, merilis produk atau merk bisa juga rebranding produk bahkan bantu promosi produk atau merk.

Jika ditanya kaitan blogger dan influencer berserta perusahaan agensi, wah berkaitan syekali.  Perusahaan agensi yang memang udah jelas jadi industri kreatif dan lagi tren juga di kalangan anak muda, sangat membutuhkan jasa blogger dan influencer untuk mengiklankan produk klien mereka.

Dan jasa seperti ini dinilai cukup menghemat biaya promosi perusahaan, dibanding  iklan dengan pasang billboard,  atau di televisi,  makanya banyak perusahaan yang mencari perusahaan agency untuk bantu promosi produk mereka memakai jasa blogger dan influencer. Bahkan gak hanya perusahaan, pemerintah pun sudah mulai menggaet blogger dan influencer untuk menyebarkan program-program pemerintahan atau kementerian. Bisa dicek akun instagram @kemenkeuRI 

*3.Bagaimana kiat mengisi blog (nonprofitable) untuk pemula yang hoby sekali dengan dunia tulis menulis namun awam dalam industri agency dan industri kreatif tetapi ingin sekali nyebur kedalamnya?*

Mulai aja dulu, berasa tagline iklan e-commerce yang warnanya hejo hejo itu ya hehe. Mulai aja dulu dengan menuliskannya di blog. Ilustrasinya begini, menurut Arif Rahman dalam bukunya Make Your Story Matter halaman 75

Ide Tulisan:
Ide buruk = -1
Ide lemah = 1
Ide Biasa aja= 5
Ide Bagus=10
Ide Hebat=15
Ide Cemerlang= 20

Eksekusi  :
Tak ada eksekusi= 0
Eksekusi lemah = Rp, 1.000
Eksekusi Biasa aja= Rp, 10.000
Eksekusi Bagus=Rp, 100.000
Eksekusi Hebat=Rp, 1.000.000
Eksekusi  Cemerlang= Rp, 10.000.000

Coba kita kalikan dua komponen diatas, selemah apapun ide tulisan kita, jika dieksekusi tetap akan ada hasilnya  Rp, 1000 bisa beli bakwan satu, tapi sebaik apapun ide kita, kalau gak ditulis-tulis ya hasilnya tetap 0. Jika kita mulai menulis, seiring waktu mengungkapkan ide dalam bentuk tulisan sudah mulai terasah, sekalipun ide tulisan itu buruk.

Jadi, mulai darimana nge blognya? Ya buat dulu blognya dan menulislah ^^

*4.Maaf mom, satu lagi. Apa saja  kiat untuk menjadi profesional content writer hoby menulis saja apa cukup?*

Gak cukup Bu, apalagi sekarang ada sosial media.  Materi ini sepertinya udah ada di pdf tapi gak apa, aku share lagi yah.

Jika ingin menjadi seorang profesional content writer, tentukan tema/judul menarik dan pastinya dekat dengan keseharian kita atau sesuatu yang kita kuasai informasinya.

Dulu aku sempat sampai mencetak/print daftar hari-hari besar di Indonesia dan dunia, nah data ini membantu sekali saat kita mengisi konten tematik, dan kalender jangan jauh-jauh dari meja hehe, atau maksimalkan google calender di smartphone.

Lalu kenali audiens, rerata audiens kita ini banyakan lelaki atau perempuan, mamah muda atau papah muda atau adik-adik mahasiswa, usia mereka kisaran berapa, kalau pusing dengan siapa audiens kita, bisa kita langsung tanyakan dengan membuat postingan pertanyaan, dan lihat responnya, tapi cara ini kadang agak sakit kalau gak ada yang merespon sih huhu, namanya juga usaha yak.

Biasanya kalau kita konsisten dengan konten yang kita bangun, misalnya tema parenting dan konsisten dengan tema itu, nanti audiens bakal tersaring sendiri sih. 

Konten kita menyentuh emosi, audiens di Indonesia paling suka memviralkan sesuatu yang menyentuh emosi nah tulislah dengan gaya bertutur / bercakap-cakap atau dalam dunia jurnalistik, tulisan bergaya feature.

Jangan berhenti, misal hari ini menulis konten, lalu 3 bulan kemudian baru muncul lagi, ya jangan gitu juga. Beda sosial media, beda cara merawatnya, penjelasan ada di pdf hehe.

Pelajari dan pahami SEO ( search engine optimization ) yang dasar aja dulu Bu.



Penanya 2⃣
Nurmintauli Siregar _ IP Sumut

1. Bagaimana cara mengembalikan mood untuk ngeblog secara konsisten?

2. Misal kita ingin berbagi info diblog tentang makanan, kegiatan anak, bahkan curhat misalnya. Apakah baiknya kita buat banyak blog agar tematik atau disatu blog gado2

Assalamualaykum Ibu Nurmintauli Siregar _ IP Sumut

*1. Bagaimana cara mengembalikan mood untuk ngeblog secara konsisten?*

Pertanyaan inilah yang dikhawatirkan muncul, makanya diawaaal sekali, pada materi pdf daku kasi list 5 pertanyaan sebelum start nge-blog. Pastinya daku gak akan menilai jawaban ibu, sebab kembali pada niat nge blog pertama kali. Pertanyaan paling mendasar, aku nge blog untuk apa sih? Biar apa sih? Manfaatnya apa sih kalau aku ngeblog?

Syukurnya profesi nge-blog gak kayak petani, gak kebayang kalau petani nanam padi pakai mood, gak makan nasi kita hehe.

Kalau konsistennya hanya sebulan sekali, ya gak apa, kalau bisa kontennya yang informatif, detil, dan pembahasan menarik, yang kapan aja dibaca tetap enak, long lasting, misalnya konten tentang pengalaman melahirkan, pengalaman buat passport, pengalaman masak kue kesukaan keluarga, pasti ada aja itu yang cari dan baca.



Penanya 3⃣
Alisa Gumala_IP Payakumbuh-LK

Assalamu'alaikum mbak Nufazee...
Saya mau tahu lebih jauh tentang potensi blog.

1.Bagaimana cara memaksimalkan Google AdSense?

2.Afiliasi ini maksudnya seperti apa dan bagaimana caranya?

3.Untuk lomba blog, apa tips dan triknya agar blog kita bisa menang?
Terimakasih sebelumnya mbak.
😊
*cara memaksimalkan Google AdSense?*

Disinilah kelemahanku Bu Alisa, pernah coba apply Google AdSense tapi gagal, akhirnya malas atau belum niat untuk coba apply lagi, gak tau perkembangan syarat sekarang gimana agar diterima Google AdSense, mungkin ada Buibu disini yang lebih paham, kalau ada lebih waktu bisa sharing atau buka kulwap khusus tentang ini *loh haha biar aku ikut
Tapi intinya kita lulus Google AdSense adalah perbanyak konten atau tulisan di blog kita, jadi balik lagi ke menulis juga ya ujung-ujungnya, tulis aja dulu Bu, maka apply Google AdSense kemudian.

*Afiliasi ini maksudnya seperti apa dan bagaimana caranya*

Afiliasi itu gini Bu, ada perusahaan yang pasang iklan di blog kita, nah jika ada transaksi atau ada pembaca yang klik dan beli  produk perusahaan tersebut di blog kita, maka kita dapat persenan, kurang lebih afiliasi seperti itu.

*Untuk lomba blog, apa tips dan triknya agar blog kita bisa menang?*

Wallahu’alam, pesonaku untuk menang blog saat ini mulai berkurang pancarannya Bu *ini ngomongin apaan sih haha, jadi usaha untuk menang lomba blog sangat besar, sebab sudah banyak blogger yang mulai menambah kemampuannya, seperti kemampuan fotonya sehingga punya kualitas gambar bagus, kemampuan desain grafis sehingga pembaca disuguhkan infografis kece-kece saat baca konten dia, kemudian kemampuan edit video yang saat kita baca konten, eh pembaca diarahkan tonton video lengkapnya di youtube nya dia.

Lalu ada juga kemampuan mengolah cerita yang menyentuh hati, nah ini perlu banget dilatih, cara paling gampang mah baca tulisan pemenang lomba tahun lalu, ini trik aku banget haha.

Trus baca syarat dan ketentuan lomba dengan sangat teliti jangan sampai kurang suatu apapun, dilarang ngerjain lomba pada saat deadline,  khawatir listrik padam, internet ngadat,  anak rewel dan kejadian gak enak lainnya.

Usaha terakhir adalah berdoa ^^

Dan jangan jiper, kalau ada lomba blog ikutin aja, mau menang atau gak urusan belakangan, 😉


Penanya 4⃣
Amelia_IP Non Asia

Salam kenal,
Maaf saya tanyanya borongan :)

Apakah blogwalking masuk prioritas kegiatan seorang blogger? Apakah 2 post per minggu dalam blog dapat dikatakan aktif ngeblog? Adakah tips menulis judul dan tag?

Terima kasih
Dulu waktu belum paham, aku agak menyepelekan blogwalking , sehingga aku jarang kunjung balik, semacam natural lah, kalau aku rasa pembahasan di blog dia bermanfaat pasti aku komen  dan itu pun jika sempat, kadang abis baca ada aja yang bikin lupa untuk komen, belum lagi hape suka mejeng dimana-mana di sepanjang rumah.

Sekarang blogwalking jadi prioritas (agak dipaksakan dan disempatkan)  sampai ada grup wasap khususnya loh apalagi kalau klien mau komen di blogpost pesanannya jumlahnya harus sekian *curhat ini haha .

Blog itukan sosial media juga, kalau mau performa blognya bagus ya harus saling komen dong, kalau gak ya bukan sosial media namanya.

Lalu ada rangking blog yang diistilahkan DA (domain authority) dan PA ( page authority) , nilai rangking blog kita dipengaruhi seberapa banyak pembaca yang mampir dan baca blog kita, jadi kalau mau ranking blog bagus ya harus rajin silaturahim, sehingga ranking naik, rezeki bertambah dengan banjir job menulis blog.

Menulis 2 minggu sekali di blog jika konsisten ya udah mantab sekali Bu.

Tips menulis judul,  tips yang paling mudah banyak baca judul berita online haha, Inilah dia 5 cara bla bla… , atau Mengapa saya melakukan bla…bla, How To…, 8 Cara Cepat…, Rahasia…., Gunakan…, Cara Mudah,… Jangan Lakukan…

Tag disini maksud ibu tagline atau tag yang gimana? Ntar kalau gak kejawab boleh kita diskusi via wapri ya buk


Penanya 5⃣
Lita Nufus_Umum

Untuk pemula yang masih awam tentang dunia kepenulisan, lebih baik membuat blog yang gratis atau berbayar?
Yang gratisan aja dulu Bu Lita, di pdf daku ada kasi step buat blog tapi dari blogger.com, kalau udah punya akun gmail udah lebih mudah lagi buatnya. Aku juga awal nge blog dari gratisan dulu, gak ngerti itu dot com dot com, nah pelan-pelan akhirnya sampai di tahap yang sekarang ini. Alhamdulillah.

WordPress bisa via aplikasi nulisnya, kalo blogspot ( blogger.com) aplikasinya gak responsive huhu, terpaksa dari chrome atau browser dg kondisi font kecil kecil, sakit mata, dan enakan memang via laptop atau PC

Penanya 6⃣
Desy Puspitasari_IP Tangsel

So¸the last but not least, jadilah blogger yang jujur, dengan semangat menyebar konten
positif bukan berarti menjadikan kita blogger yang haus akan prestise menjadi yang pertama di mata mesin pencari, blogger g jujur itu maksudnya seperti apa ya? copas sana sini atau menyampaikan terlalu banyak bumbu kah? kalau curhat di blog apa ndak takut di salah gunakan orang mbk? lalu skrng ad pekerjaan baru yg rata2 copy writer yg sering menang....gift away...yaitu gift Hunter...bisa banyak bgt hadiahnya...apa mbk juga suka ikutan program give away? tips nya apa mbk biar menang?

Maksudnya, kita menulis dengan judul menjebak Bu, tapi isinya sama sekali gak berfaedah, kayak konten berita online sekarang, berita artis kakiknya ketimpa lemari aja bisa headline atau paling mengerikan yg jadi headlineadalah konten porno, duh naudzubillah inilah peran kita menulis di blog untuk menenggelamkan konten konten negatif yang tersebar di dunia maya.

Blogger yang gak  jujur itu misalnya dapat kesempatan mereview produk yang gak pernah dia coba
Tentang kasus copas
Kata orang bijak there’s nothing new under the sun, tidak ada yang baru di bawah matahari, maksudnya apapun yang kita tulis sebenarnya pasti orang lain udah menulis, intinya gak ada ide yang orisinil yang ada hanyalah mencuri ide dari banyak sumber tepat dan mengombinasikannya menjadi karya baru bernilai.
Jadi kalau terinspirasi dari suatu karya ya jangan dicopas, layaknya kita makan, kunyah kunyah dulu tulisan itu lalu kita ceritakan lagi versi kita.
Kasus penyalahgunaan yang paling sering adalah copas itu tadi, jadi ada oknum pemilik blog atau web tertentu yang copas tulisan blogger sampai foto-foto milik pribadi blogger itu juga di copas ke blognya si oknum itu.  Nah penulis atau blogger yang punya karya gak bisa diam gitu aja dong,  biasanya kita tegur pemilik konten, untuk menurunkan artikel tersebut.

Copy Writer itu profesi penulis juga tapi fokus seperti menulis untuk narasi iklan begitu, kalau untuk kuter atau kuis hunter, daku gak sampe jadi kayak hantu juga ngikutin kuis yang pasti gak bakal terikuti sih huhu, secara aku juga sebagai ibu kan, pegang smartphone itu terbatas waktunya, jadinya kuis yang aku suka aja yang aku ikutin dan yang lagi lewat di timeline hehe.
Tips menang kuis persis kayak pengen menang lomba blog, baca ketentuan syaratnya dengan teliti dan jangan sampai terlewatkan.

Penanya 7⃣
Chairun Nisa RZ_IP Asia

Assalamu'alaikum Mbak Nurul, salam kenal. Bagaimana meningkatkan rasa percaya diri agar pede dengan tulisan sendiri? dan apa tips dari mbak Nurul agar konsisten menulis? Terima kasih

Mulai aja dulu Bu,  dengan menulislah, bisa mulai menulis catatan harian, tulis aja dulu jangan mikir editnya ntar gimana, tulis ajah,  tipsnya ada di jawaban no. 3

Tentang konsisten dan mood udah kujawab di jawaban penanya no. 2
Tetap semangat ya Bu ^^ ditunggu tulisan kerennya 💕✅

Penanya 8⃣
Windy Nispiani_IP Karawang

Assalamu'alaikum bunda Khalil...fulltime mom, blogger, & freelance writer super keren.
MasyaAllah, benar2 menginspirasi ❤️❤️❤️.
Saya pertama kali membuat blog di tahun 2009, saat masih SMA menjelang kuliah. Isinya seputar curhatan yang dikemas dengan tulisan berupa puisi dan cerpen. Namun semangat menulis di blog itu sudah lama padam, ketika aktivitas di kampus benar2 menyita waktu. Walau hobi menulis masih tetap dilakukan, tetapi menulisnya hanya sekedar di laptop saja. Jadi sampai saat ini, blog saya tidak terawat 😄. Mungkin banyak debunya, kecoa, nyamuk, dan segala macem deh saking lama ga ditengokin 😅.

Pertanyaan saya, gimana ya mba biar konsisten nulisnya di blog.. biar ga cuma menuhin laptop aja. Pernah ga yah mba nurul merasakan ada males2nya ngeblog?. Terimakasih bunda khalil, wassalamualaikum wr.wb

Tentang konsistensi  udah daku jawab di  jawaban no.2 ya Bu Windy ^^

Malas nge blog, ya pernah kali lah, manusiawi huhu, tapi gak lama-lama sebab deadline gak bisa lama menunggu juga haha, ini aja masih berderet deadline postingan blogku Bu *sok sibuk banget ya, hihi. Ketika malas nge blog, selalu terbersit, ini konten harus dibaca semua orang, agar manfaatnya segera dirasa, trus bentuk tanggungjawab juga ke klien, selain itu ada beberapa tulisan organikku, kayak buat passport, nah itu harus ditulis segera sebelum momennya lupa, nah yang kayak gitu tu yang buat rasa malas hempas.

Antisipasi malas, aku buat draft dulu biasanya Buk di aplikasi Google Keep Notes , nah nanti pas mau menulis, udah tinggal mengembangkan tulisannya aja.

Seharusnya dengan ada teknologi seperti  smartphones kita harus lebih produktif lagi ya kan, hidup lebih efektif dan efisien, makin bermanfaat, menyempatkan diri menulis, 😉

Semangat Ibu, semoga Allah memudahkan, Aamiin 👍✅

Penanya 9⃣
Izzatun Nisa_Umum

1. Bagaimana mengatasi jenuh atau tidak ada ide saat mengisi blog?

2. Haruskah sinergis antara blog dengan media sosial? Ada tips yang bisa diberikan untuk menarik pembaca agar mampir dan menjadi pembaca setia blog kita?
Aku baru aja buat konten instagram yang ini  *numpang promo akun IG ya Bu panitia kulwap :-D
https://www.instagram.com/p/B0-tTcjAx_J/?utm_source=ig_web_copy_link
Lahirnya sebuah karya tidak selalu dalam kondisi ideal, menunggu segalanya sempurna adalah alasan tepat untuk menunda-nunda, begitu yang ditulis Arif Rahman dalam bukunya Make Your Story Matter.
Ide itu Bu Izzatun masyaAllah buanyaak, apalagi kita muslim, kata Rasullah SAW, Hikmah adalah barang yang hilang milik orang beriman, dimana saja ia menemukannya, maka ambillah.
Hikmah itu bisa bagian dari ide juga loh. Ide itu dekaat sekali Bu, dekat.
Tapi setiap penulis hebat punya caranya sendiri untuk atasi ide yang kering. Apakah dengan bermain dengan anak-anak dulu baru ide muncul lagi, dengan berwudhu trus solat dua raka’at kayak yang dilakukan penulis kitab zaman dulu sehingga karyanya tak lekang waktu, atau dengan jalan-jalan mungkin, menyiram tanaman, berkebun, memasak, dan lain-lain.
Harus banget, mereka seperti pinang ditabrak becak eh pokoknya saudara kembarlah Buk. Jadi rawat sosial medianya ya Buk, seperti malika, kecap hitam itu, seperti anak sendiri hihi.
Tips agar pembaca singgah ke blog kita, ya sebar melalui sosmed, grup wasap alumni TK sampai SMA, ikut komunitas blogger yang ada di kota kita atau di luar kota.


Penanya 1⃣0⃣
Santi_IP Kalsel

Assalamualaikum permisi saya izin bertanya .. Maaf pertanyaannya agak telat saya baru liat grup hari ini ,karena kemaren sibuk lebaran 😊..

Pertanyaan saya tentang memulai membuat blog .. Lebih baiknya bikin blog yg free atau yg berbayar ya .? Kelebihan dan kekurangannya apa ?  Dan bagaimana cara membuat blog yg berbayar ?  Dimana bisa menemukan yg bisa membuatkan blog berbayar terpercaya ? Terimakasih 😊

Yang gratisan dulu Bu, lalu menulislah disana. Jika ada rezeki lebih, boleh banget beli yang berbayar, nah pastinya dengan berbayar jadi makin termotivasi dong untuk menulis secara emak gak mau rugi ya kan, udah berbayar ya jangan sampe blognya dianggurin, rugi banget.

Kelebihan blog gratisan, ya kita gak bayar apa-apa, tinggal menulis aja disana
Kekurangan blog gratisan, pilihan template terbatas, gak bisa bermentel-mentel untuk aksesoris di blognya, kekurangan hanya diteknis aja sih, kalau mau yang advanced ( membahas blog sedalam-dalamnya, ikut kelas blog yang banyak tersebar di sosmed )
Kelebihan blog berbayar, ya kita bayar haha, bayar biaya domain tiap setahun sekali. Dan banyak lagi kelebihan berbayar ini, cus ikut kelas khusus blog biar dibahas secara kupas tuntas, tajam setajam silet.

Gampang Buk, kalau ada uang paling mahal 300-500K, itu Ibu udah duduk syantik terima link blog ajah, haha dan itu aku banget, template blog aku yang sekarang itu  custom ke teman, untuk domain aku minta tolong suami, sebab aku lemah baca kode html, tapi kalau baca kode suami signalku kuat Buk. *eaak
Jadi untuk teknis blog yang berbayar aku gak begitu ahli tapi kalau penasaran juga pengen oprek sendiri, ada buanyak tutorial membuat blog dengan template gratis, atau tutorial buat domain blog sendiri. Nah itu buanyak banget. ✅


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGOVEN UBI CILEMBU ENAK

Alhamdulillah, dapat oleh oleh dari mb Bella, mamanya Bilal yang abis mudik dari Tegal. Jadi pagi hari ada babang ngojek nganterinnya dan segera mami twins cari tau gimana cara memasak ubi cilembu agar keluar madunya dan rasanya enak dan mirip dengan yang di Jawa. 2 kali masak ubi ubi ini, Papi selalu masak pake microwave, dan hasilnya ya biasa aja, kaya ubi ubi kayu biasa. Makanya kali ini jangan sampai keliru lagi. 
Setelah browsing sana sini, ketemu di youtube, ada mbak yang lagi beli ubi trus interview penjualnya dan penjualnya bilang kalo masaknya itu memang lama banet. Jika pake otamg, ubi ukuran kecil memakan waktu 1.5 jam paling cepat dan kalo yang gede sekitar 2.5 jam. Jadinya melihat itu, aku memilih untuk mencoba masak yang kecil dulu. Gimana caranya, ini dia ada di channel youtube ku :
Jadi cara mengovennya dengan oven listrik ternyata mudah sekali. Jadi menurut penjual ubi, ubi ini sudah dicuci jadi tinggal di Oven saja. Karena jika kita cuci lagi, kita harus mengeringka…

MENGATASI GATAL DI PERUT SAAT HAMIL

Berdasarkan pengalaman saya, saat memasuki usia kehamilan 16 minggu (4 bulan), saya mulai merasakan gatal di bagian perut dan dada. Gatal semakin terasa saat menjelang tidur. Ingin rasanya digaruk atau diberi salep atau apapun itu untuk menghilangkannya. Gatalnya lebih parah dibanding digigit nyamuk atau serangga. 

Gatal yang dialami saat hamil memanglah wajar, tetapi setidaknya kita harus tau penyebabnya dan pastinya cara mengatasinya supaya bisa menjalani kehamilan dengan nyaman. 
Penyebab Gatal Sebagian besar ibu hamil mengalami peregangan kulit yang biasa dikenal dengan stretch mark. Perkembangan janin menyebabkan perut membesar, kulit meregang dengan cepat, semakin mengurangi kelembapan kulit sehingga membuat gatal dan tidak nyaman. Lebih seringnya dialami pada bumil yang masuk trimester tiga, tapi pengalaman saya pribadi, untuk kehamilan kembar, lebih cepat mengalaminya, karena peregangan kulit perut lebih cepat sehingga di trimester 2 sudah mulai mengalaminya. Kita akan sering…

PIMITWINS FAMILY PROJECT ON NOVEMBER 2018 | DAY 1

Alhamdulillah, masuk ke Bunsay Level 3 ini tentang Melatih Kecerdasan dan kita ditantang untuk bisa membuat Family Project. Yippee!!! Jujur, diawal bingung apalagi ni project keluarga bareng twins, dan ditengah kegalauanku, datang lah sang kekasih, cieleee...ya...my Hubby, suami tercinta yang memecah kegalauanku dengan mencari solusi. Gimana Ceritanya....yuk mari....
Selasa, 30 Oktober 2018 malam hari sebelum bobo
Jadi, saat diskusi games level 3 di wag kelas, aku juga sambil berdiskusi dengan hubby dan juga menemani twins yang asik main. keliatan kalo mukaku bingung, Hubby pun ngajakin diskusi versi Pillow Talk bareng twins yang ikutan nimbrung juga. (So sweet). Mami, mana buku dan pen? Kata papi, dengan sigap langsung kusodorkan ke Hubby. Dan waktunya kami diskusi sambil papi oret oret di buku. 
Akhirnya terciptalah ide kita untuk Family Project, semua berbasis rumah dan lingkungan sehat dan asri, sifatnya sederhana, Pratical Life, dan ngelakuinnya bareng. 


Jadi tidur tenang deh di…