Langsung ke konten utama

# 6 Peran Ayah



Dalam islam seorang anak akan ikut nasab ayahnya. Nasab adalah pertanggungjawaban yang akan diminta dari seorang ayah. Berhasil atau gagalnya seorang ayah akan dimintai pertanggungjawaban sesuai nasabnya.




Nah ini terkadang yang membuat kelekatan antara anak dengan ayah berkurang. Karena minimnya interaksi diantara mereka๐Ÿ˜ข

 Jadi peran ayah itu tidak hanya terbatas pada mencari nafkah harta saja tapi juga harus memberikan waktu dan kasih sayang, lebih jauh lagi ayah harus berperan sebagai role model bagi anak untuk belajar ketegasan dan kuat untuk menolak segala hal negatif yang ditawarkan oleh lingkungan luar atau teman sebayanya.
Nah iya.. 
Padahal yg dibutuhkan ini bukan sekedar duit ya.. 
Kalo nggak salah kata bunda elly, ayah bekerja mencari uang untuk kabahagiaan anak, padahal kebahagiaan yg sesungguhnya adalah sang anak bisa berkumpul bersama dengan ayah..


Gimana klo misalnya para ayah jaman sekarang juga dulunya tidak dekat dengan ayah mereka....

dan skrng mereka 'dituntut' utk sesuatu yg mereka tidak punya apa ya...istilahnya...pengalaman di masa kecilnya

Rasa2nya bu elly juga pernah bahas ttg ini...tpi saya lupa tepatnya bagaimana..

Jawab :
Pengalaman di masa kecilnya lebih kembali ke inner child ya..
Belajar dan mencoba untuk berdamai dulu dengan masa lalu.. ๐Ÿ˜
Ayah harus punya sosok pengganti untuk jadi role model mba...
Entah dulu dari kakeknya...paman atau orang lain.

Ini juga untuk single parent. Anak harus dapat sosok pengganti ayahnya. Dan juga, sebaiknua tidak menunjukkan kejelekan ayah di depan anak




Jadi, apa yang seharusnya ayah lakukan untuk memaksimalkan perannya sebagai pemimpin keluarga untuk menghasilkan anak yang tumbuh sesuai dengan fitrah seksualnya?

Alhamdulillah.. Romantismenya di sini bun... ๐Ÿ˜

Pernah saya baca dalam sebuah buku.. Yang intinya.. Cara membangun kelekatan dengan anak ketika kita sibuk bekerja bisa dengan 3 cara, 1. Sebisa mungkin kita yg memandikan anak bukan pengasuh 2. Ketika anak hendak tidur, dampingi dia karena yg akan dilihatnya terakhir kali adalah kita 3. Ketika sedang bersama, fokuskan perhatian penuh kepadanya.

Usia 0-2 tahun, anak lelaki dan perempuan didekatkan pada ibunya karena ada menyusui, di usia 3 - 6 tahun anak lelaki dan anak perempuan harus dekat dengan ayah ibunya agar memiliki keseimbangan emosional dan rasional apalagi anak sudah harus memastikan identitas seksualitasnya sejak usia 3 tahun.

Kedekatan paralel ini membuat anak secara imaji mampu membedakan sosok lelaki dan perempuan, sehingga mereka secara alamiah paham menempatkan dirinya sesuai seksualitasnya, baik cara bicara, cara berpakaian maupun cara merasa, berfikir dan bertindak sebagai lelaki atau sebagai perempuan dengan jelas. Ego sentris mereka harus bertemu dengan identitas fitrah seksualitasnya, sehingga anak di usia 3 tahun dengan jelas mengatakan "saya perempuan" atau "saya lelaki"

Ketika usia 7 - 10 tahun, anak lelaki lebih didekatkan kepada ayah, karena di usia ini ego sentrisnya mereda bergeser ke sosio sentris, mereka sudah punya tanggungjawab moral, kemudian di saat yang sama ada perintah Sholat.

Maka bagi para ayah, tuntun anak untuk memahami peran sosialnya, diantaranya adalah sholat berjamaah, bermain dengan ayah sebagai aspek pembelajaran untuk bersikap dan bersosial kelak, serta menghayati peran kelelakian dan peran keayahan di pentas sosial lainnya.


Saya mewakili tim kelompok 4 mohon maaf sebesar2nya apabila ada kekurangan dalam penyampaian.. Bukan bermaksud untuk menggurui tapi mengajak untuk sama2 open mind bahwasannya peran ayah sangatlah penting. Tidak sekedar emak yang berperan dalam pengasuhan.

Mari kita akhiri dengan melafazkan hamdalah bersama
*Alhamdulillahhirobbil'alamiin*

by : Evi, Ulfa, Azizah, Muhajirah


Review :
Trus kebetulan kemaren saya sekilas liat di TV, ada cerita gigi dan raffi. Pengasuhnya rafatar nangis bombay curhat tentang rafatar yang kangen sama ortunya. Rafatar iri sama teman temannya di sekolah yang ortu mereka punya waktu buat anaknya. Rafatar itu butuh itu. Nah ekspresinya si gigi dan rafi santai. Tapi yang nyesek banget liat pengasuhnya. Dia sangat memahami rafatar.

Disini saya berpikir, jangan sampai kondisi ini terjadi pada kita. Anak tidak paham apa itu mainan mahal, sekolah mahal dll. Karena tempat terbaik, terdekat ternyaman dan tak ternilai harganya hanyalah ibu bapaknya. Yang mereka pahami itu. Jadi momen golden age manfaatkan semaksimal mungkin. Karena disaat itulah kecintaan anak, fitrah anak terbentuk.

#Bunsaylevel11
#Fitrahseksualitas
#kuliahbundasayangIIP
♥♥♥♥♥♥♥

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGOVEN UBI CILEMBU ENAK

Alhamdulillah, dapat oleh oleh dari mb Bella, mamanya Bilal yang abis mudik dari Tegal. Jadi pagi hari ada babang ngojek nganterinnya dan segera mami twins cari tau gimana cara memasak ubi cilembu agar keluar madunya dan rasanya enak dan mirip dengan yang di Jawa. 2 kali masak ubi ubi ini, Papi selalu masak pake microwave, dan hasilnya ya biasa aja, kaya ubi ubi kayu biasa. Makanya kali ini jangan sampai keliru lagi. 
Setelah browsing sana sini, ketemu di youtube, ada mbak yang lagi beli ubi trus interview penjualnya dan penjualnya bilang kalo masaknya itu memang lama banet. Jika pake otamg, ubi ukuran kecil memakan waktu 1.5 jam paling cepat dan kalo yang gede sekitar 2.5 jam. Jadinya melihat itu, aku memilih untuk mencoba masak yang kecil dulu. Gimana caranya, ini dia ada di channel youtube ku :
Jadi cara mengovennya dengan oven listrik ternyata mudah sekali. Jadi menurut penjual ubi, ubi ini sudah dicuci jadi tinggal di Oven saja. Karena jika kita cuci lagi, kita harus mengeringka…

MENGATASI GATAL DI PERUT SAAT HAMIL

Berdasarkan pengalaman saya, saat memasuki usia kehamilan 16 minggu (4 bulan), saya mulai merasakan gatal di bagian perut dan dada. Gatal semakin terasa saat menjelang tidur. Ingin rasanya digaruk atau diberi salep atau apapun itu untuk menghilangkannya. Gatalnya lebih parah dibanding digigit nyamuk atau serangga. 

Gatal yang dialami saat hamil memanglah wajar, tetapi setidaknya kita harus tau penyebabnya dan pastinya cara mengatasinya supaya bisa menjalani kehamilan dengan nyaman. 
Penyebab Gatal Sebagian besar ibu hamil mengalami peregangan kulit yang biasa dikenal dengan stretch mark. Perkembangan janin menyebabkan perut membesar, kulit meregang dengan cepat, semakin mengurangi kelembapan kulit sehingga membuat gatal dan tidak nyaman. Lebih seringnya dialami pada bumil yang masuk trimester tiga, tapi pengalaman saya pribadi, untuk kehamilan kembar, lebih cepat mengalaminya, karena peregangan kulit perut lebih cepat sehingga di trimester 2 sudah mulai mengalaminya. Kita akan sering…

PIMITWINS FAMILY PROJECT ON NOVEMBER 2018 | DAY 1

Alhamdulillah, masuk ke Bunsay Level 3 ini tentang Melatih Kecerdasan dan kita ditantang untuk bisa membuat Family Project. Yippee!!! Jujur, diawal bingung apalagi ni project keluarga bareng twins, dan ditengah kegalauanku, datang lah sang kekasih, cieleee...ya...my Hubby, suami tercinta yang memecah kegalauanku dengan mencari solusi. Gimana Ceritanya....yuk mari....
Selasa, 30 Oktober 2018 malam hari sebelum bobo
Jadi, saat diskusi games level 3 di wag kelas, aku juga sambil berdiskusi dengan hubby dan juga menemani twins yang asik main. keliatan kalo mukaku bingung, Hubby pun ngajakin diskusi versi Pillow Talk bareng twins yang ikutan nimbrung juga. (So sweet). Mami, mana buku dan pen? Kata papi, dengan sigap langsung kusodorkan ke Hubby. Dan waktunya kami diskusi sambil papi oret oret di buku. 
Akhirnya terciptalah ide kita untuk Family Project, semua berbasis rumah dan lingkungan sehat dan asri, sifatnya sederhana, Pratical Life, dan ngelakuinnya bareng. 


Jadi tidur tenang deh di…