LOTIS

Lotis adalah makanan yang terdiri atas buah buahan (mentah), diiris-iris agak besar, dimakan dengan sambal manis (terbuat dari gula jawa, cabai,garam, dsb). Lotis adalah makanan khas Jawa Tengah. Lotis biasanya disajikan bersama sambal gula merah. Secara umum makanan ini dikenal dengan nama rujak, sedangkan di beberapa lokasi di Indonesia ada yang menebutnya leduk, klotekan atau buah untuk rujak. Secara spesifik, di Jawa Tengah, lotis memang berbeda dengan rujak. Perbedaan itu ada pada bentuk penyajiannya, lotis disajikan dengan buahnya dipotong agak besar dan tipis sehingga cara makannya dengan mencolek buah pada sambal/bumbunya, sedangkan rujak disajikan dengan bentuj buah yang diparut/diserut dicampur langsung dengan bumbu/sambal sehingga cara makannya dengan menyedok.

Siang begini, apalagi hawa terasa panas, enaknya makan lotis. Apalagi di rumah pas ada timun, bengkuang, dan mangga muda. Pas banget, seger! Aku yang menyukai lotis sejak kuliah di Jogja, dapet resep bikin lotis dari suamiku yang memang orang Jawa Tengah dan dia juga seneng ama lotis. Yuk,,,sekarang kita bikin lotis. 

Bahan : 
Gula jawa
Asam Jawa
Garam
Terasi bakar
Cabe rawit

Cara membuat : 
Ulek gula jawa yang sudah diiris iris dan asam, sambil dikasih air sedikit. Setelah tercampur rata, masukkan cabe rawit dan terasi sesuai selera. Dan beri garam sedikit demi sedikit sambil dirasa pas. Lalu sajikan bersama potongan buah buahan. Selamat ber lotis ria.....