CELOTEH PIMITWINS | FAMILY PROJECT 2019 | DAY 1

Alhamdulilah, setelah liburan Cawu Bunsay selama 2 minggu, kami kembali lagi perkuliahan dan Materi ke 5 ini mantep betul. Taraaa....

Menstimulasi Anak Suka Membaca. 
Dan saya ingin mengulas singkat materi yang keren banget ini.

Jadi, sebelum kita ngajarin anak membaca, coba kita tes sama diri kita. Misalkan kita diberikan tulisan huruf kanji atau sansekerta. Pasti kita jelimet kan, apalagi kalo kita gak pernah dengar dan merasa itu perlu, pasti kita gak mau belajar membaca apalagi menuliskannya. Nah, hal yang sama terjadi pada anak kita. Huruf, angka dll itu merupakan hal baru bagi mereka. Dan mereka gak mau belajar itu sama seperti yang saya analogikan sebelumnya. 
Jadi...gimana donk biar anak mau baca? Tenang...tenang...ternyata semua itu ada tahapannya, namanya Keterampilan Berbahasa.

Keterampilan Berbahasa ini ada 4 tahapan yakni Keterampilan : 
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis

Menariknya disini, kita gak bisa melangkahi tahapannya, jadi musti berurutan hingga matang, karena faktanya banyak yang bisa membaca tapi mereka gak suka membaca, dikarenakan mereka membaca karena merasa kewajiban tapi bukan kebutuhan. Nah disini PR buat kita utk menumbuhkan minat membaca anak dengan membersamai anak melewati tahapan demi tahapan secara matang.

Nah, untuk kami yang punya Twins baru berusia 2 tahun yang lagi gemar gemarnya bertanya dan belajar berbicara, jadi kami lagi berproses mematangkan Tahapan 1 dan 2.

Apa aja yang akan kami lakukan , ini dia Family Project "Celoteh PimiTwins". 
Kegiatannya apa aja : 
1. Kami ke perpustakaan kota dan Provinsi tanggal 9 Januari 2019 untuk meminjam beberapa buku untuk kami.
Ini dia perpustakaan Kota Pontianak yang terletak di jalan Alianyang
Kami membaca buku temtang waktu. Oh ya, disini per orang berhak meminjam 2 buah buku saja selama 2 minggu. Anak kecil boleh juga bikin kartu anggota lho dan kartunya berlaku seumur hidup.
Tameka tertidur pulas sejak di perjalanan menuju perpus Prov dan melanjutkan tidur sampai 1 jam di perspus Prov ini. 
Talita belum mengantuk dan membaca buku tentang kucing
Ini buku yang Talita ambil di perpus Prov, tapi Talita hanya baca buku tentang peternakan (yang paling dia suka dan dibaca berkali kali) dan kendaraan
Talita membaca bukunya sambil mnyebutkan nama nama hewan atau benda yang diketahuinya
Mami membacakan nama nama benda dan hewan di dalam buku kendaraan dan Peternakan dan Talita mengulanginya. 
Talita bermain Puzzle 
Tameka Terbangun dan Talita tertidur pulas setelah Mami ngASI Talita. Berhubung Mami nyetir, jadinya Talita digendong Ela. 
2.  Kami membuat jadwal  membaca buku (sore setelah mandi) dan waktunya berdongeng atau membaca buku oleh Papi (sebelum tidur), tapi di waktu lainnya juga tetap bisa baca buku, tergantung twins maunya kapan. Nah cara membaca twins ini disesuaikan dengan Tahapan Keterampilan Membaca 1 dan 2.

2.  Kami bikin reading tracker , yakni buku apa aja yang akan di baca oleh Mami, Papi dan Twins.
Nah ini buku buku yang sudah ada dirumah






Dan ini buku yang kami pinjam di Perpustakaan Kota (4 buah) dan Perpustakaan Provinsi 
3. Kami bikin Pohon Literasi, yakni pohon ini tempat kami menempelkan apa aja buku yang sudah kami baca. (Rencananya yang mau bikin Pohonnya itu Papi saat akhir pekan dan dihias bareng kami berempat). 

Info terbaru : 10 Januari 2019 pagi hari, ternyata gak jadi bikinnya akhir pekan . Hehehehe.

Kisah lengkap tentang Pohon Literasi Celoteh PimiTwins bisa diklik di foto ini.
4. Kami akan ceritain isi buku yang sudah kami baca di dalam postingan blog plus gimana hasil diskusi kita tentang buku tersebut serta gimana reaksi Twins terhadap buku itu.

5. Kami juga akan menghadirkan beberapa pengalaman langsung yang disesuaikan dengan kisah di buku agar ilmu yang didapat dapat terus diingat ataupun diaplikasikan. 

Celoteh PimiTwins 😘🌼🌸🎢

#harike1
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst